Follow by Email

Merendahkan Orang Lain Tidak Akan Membuat Diri Anda Hebat - Portal Rimbawan

Portal Rimbawan - Apakah anda pernah menghina orang lain? Baik disengaja maupun tak disengaka ternyata menghina atau merendahkan orang lain itu bukan suatu hal yang baik. Meskipun anda tahu bahwa orang tersebut benar-benar buruk, ataupun benar-benar bodoh sekalipun. 

Merendahkan orang lain tidak akan mengangkat derajat suatu manusia. Kamu juga tidak akan menjadi hebat, tidak pula menjadi yang terbaik. Dengan menghina, merendahkan ataupun menjatuhkan orang lain bahkan justru anda malah menampakkan bahwa diri anda rendah. Manusia juga tak akan menjadi mulia dihadapan tuhan jika kamu suka melakukan hal ini. 
Tak patut rasanya jika kita menganggap diri kita lebih baik atau lebih hebat dari orang lain. Karena yang berhak menilai adalah Tuhan. Manusia yang hebat sebenarnya adalah dia yang dewasa dan bisa menghargai orang lain. Jika ada kawan kita yang melakukan sesuatu hal yang salah bahkan terlihat gila, maka tegurlah dengan sebaik-baiknya tanpa harus merendahkan dan menyakiti hati mereka dengan kata-kata bodoh, tolol dan sebagainya. 

Intropeksi diri merupakan hal yang sangat penting. Jika kita melihat ada orang lain melakukan kesalahan maka ingatlah pula diri anda pernah melakukan kesalahan apa. Tidak ada manusia yang sempurna dan luput dari kesalahan karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. 

Manusia hidup didunia ini sebagai mahkluk sosial yang memerlukan kehadiran manusia lain. Jika anda merendahkan orang lain, maka anda sedang dalam fase kemunduran bahkan kegagalan. 

Anda juga tak perlu memuji orang lain karena pujian anda akan membuat mereka larut. Tetapi jangan sampai merendahkan karena semua manusia pada dasarnya sedang berproses. 

Orang Bijak mengatakan tak peduli berapa kali gigi menggigit  mereka tetaplah bersatu dalam satu mulut. Inilah kesadaran bahwa hidup itu saling membutuhkan. Maka buanglah sikap tinggi hati dan terus belajar menjadi manusia yang berguna bagi sesama. 

Semoga Bermanfaat..

Previous
« Prev Post