Follow by Email

Cara Membuat Sambal Pecel Ala Jawa Timuran

Assalamu'alaikum sahabat. Pernahkah Anda menyantap makanan yang bernama pecel? Ya... Makanan khas daerah Jawa timur ini sangat terkenal dan bumming. Belum bisa membuat sambal pecel ala Madiun Jawa timur? Cek resep cara membuat sambal pecel dibawah ini!


Di zaman sekarang sudah banyak beredar salah satu makanan khas Indonesia yang asalnya dari Jawa timur ini di seluruh pelosok tanah air Indonesia ini. Yaitu pecel. Sambal pecel atau sambel pecel banyak dijumpai di Jawa timur. Makanan ini adalah santapan setiap hari tiap pagi hari dan siang hari. Kalau dikampung saya nasi pecel adalah khas makanan untuk sarapan pagi di pagi hari.

Di Jakarta sudah banyak yang berjualan pecel. Ada yang ngider alias keliling,ada juga yang mangkal dipasar tradisional. Ada juga yang berjualan mangkal di perempatan dan juga warung warung tradisional. Bahkan aku pernah mampir di salah satu lestoran yang ada di Jakarta yang salah satunya adalah menyediakan menu lontong pecel dan nasi pecel tetapi terkadang ada yang kurang memuaskan dengan rasanya dan tingkat rasa pedasnya.

Nah.... Untuk itulah di artikel kali ini aku akan sajikan resep cara membuat sambel pecel atau resep membuat sambal pecel yang mantap rasanya. Ikuti artikel ini sampai selesai ya gaes!

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal pecel ala Jawa timur adalah sebagai berikut:

Bahan:
  • Kacang tanah 250 gram
  • Minyak sayur secukupnya
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Gula merah 250 gram
  • Garam 2 sendok teh
  • Air hangat secukupnya


Bumbu:
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah keriting 10 buah
  • Cabai rawit merah 5 buah
  • Kencur 1 ruas jari

Bahan untuk taburan: 
  • Petai cina
  • Bawang goreng


Cara membuat sambal pecel adalah sebagai berikut:
  1. Pertama panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang
  2. Setelah minyak panas masukkan kacang tanah goreng sampai matang tiriskan
  3. Apabila anda punya alat penggiling daging, pakai alat penggiling daging tersebut untuk menggiling semua bahan dan bumbu
  4. Campur dahulu kacang dan bumbu lainnya sampai merata
  5. Kemudian giling semua bahan dan bumbu tersebut memakai penggiling daging
  6. Apabila Anda dirumah mempunyai alat untuk menumbuk, gunakan alat penumbuh tersebut untuk menghancurkan kacang dan kemudian hancurkan bumbu lainnya secara terpisah dengan kacang. Lalu setelah selesai menumbuk semuanya, campur semua bahan dan bumbu jadi satu dan tumbuk kembali hingga rata. Dengan demikian kedua cara ini adalah lebih baik. Karena apabila anda ingin menyajikan sambal pecel ini anda dapat mengambilnya dua atau tiga sendok kemudian tambah air 1/4 gelas atau secukupnya aduk rata dan anda sudah dapat menikmatinya.
  7. Apabila kedua duanya alat diatas anda tidak ada,gunakan blender untuk menghancurkan kacang dan bahan serta bumbu lainnya dengan langsung menambahkan air hangat dan kemudian diblender. Apabila anda tidak membutuhkan sambal yang cukup banyak maka anda dapat memblender kacang dan bahan lainnya setengah atau seperempatnya saja, dan sisanya dapat anda simpan .
  8. Sajikan dalam mangkok dan sambal pecel ala jawa timuran sudah siap disantap bersama keluarga dirumah.
  9. Anda dapat menyajikan sambal pecel ala Jawa timur ini dengan nasi atau lontong dan ditambah beberapa sayuran seperti bayam, kacang panjang,tauge dan wortel yang sudah direbus. Kalau ingin lebih nikmat sayuran tersebut dapat dicampur dahulu dengan sambal kelapa muda
  10. Siram sambal pecel yang sudah diseduh dengan air hangat dan siramkan sambel pecel tersebut diatas sayuran.
  11. Tambahkan dengan taburan bawang goreng dan petai cina kalau ada
  12. Tambahkan peyek kacang sebagai sensasi
  13. Selamat menikmati hidangan sambal pecel ala Jawa timur, dan
  14. Selamat mencoba!



Sekian resep cara bikin sambel pecel ala Jawa timur Indonesia untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua. Apabila anda suka dengan artikel ini silahkan tinggalkan komentar anda dibawah! Terima kasih atas kunjungan Anda dan wassalam.

Previous
« Prev Post