Follow by Email

Rutin Mengkonsumsi Buah Srikaya, Kamu Akan Terhindar Dari 13 Penyakit ini...

Portal Rimbawan - Di Indonesia ini memang banyak sekali tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Salah satunya adalah srikaya, selain sebagai tanaman buah juga bisa dijadikan sebagai herbal untuk pengobatan. Srikaya (Annona squamosa L.) merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya. Kalau di tempat sobat Portal rimbawan ada buah srikaya ini disebut apa?

Dari bentuk buah dan daunnya, sekilas srikaya ini mirip dengan buah sirsak. Begitu pun khasiatnya, jika daun sirsak berkhasiat untuk pengobatan tradisional, maka daun dan buah srikaya pun begitu. Bahkan hampir semua bagian tanaman srikaya ini bermanfaat sebagai obat tapi dalam artikel ini kita kupas terlebih dahulu manfaat dari buahnya.
Srikaya dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Dapat tumbuh pada derajat keasaman tanah (pH) antara 6 - 6,5 dengan ketinggian antara 1000-2000 mdpl. Tanaman ini tergolong tanaman yang tumbuhnya lambat dan enggan berbuah. Jadi jika anda ingin menamannya harus bersabar hingga menunggu untuk berbuah. Srikaya dapat tumbuh hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia dengan suhu udara yaitu 20 - 32 derajat Celcius. Tanaman srikaya ini menyukai tempat dengan banyak naungan dan tidak menyukai daerah terbuka dan banyak angin kencang. Tanaman ini memang bukan termaksud tanaman lokal Indonesia tetapi saat ini sudah banyak dibudidayakan dan sudah tersebar hampir ke seluruh pelosok bumi.

Buah srikaya memiliki banyak kandungan dan manfaat, bukan hanya dari buahnya tetapi juga dari batang, biji, daun, kulit pohon dan akar. Baik, adapun kandungan yang terdapat pada buah srikaya antara lain : magnesium, asam amino, gula buah, pottasium, niasin, vitamin, karbohidrat, fosfor, zat besi, riboflavin dan mucilago.
Baiklah, Berikut kita paparkan 13 Manfaat Srikaya Buat Kesehatan :

1.  Mengobati Asma

Penyakit yang satu ini menjadi momok menakutkan bagi para penderitanya. Aktivitas mereka akan sangat terganggu dan dibatasi, sangat merepotkan dan menyakitkan bukan?. Buah srikaya ini memiliki manfaat sebagai obat asma. Kandungan Antioksidan yang ada dalam buah ini berfungsi menjadi penangkal agar Asma tidak kambuh lagi.

2.  Mengobati Anemia

Anemia adalah kondisi dimana darah tidak memiliki sel darah yang cukup. Kandungan magnesium dan zat besi yang ada pada buah srikaya dapat menjaga keseimbangan dalam darah. Oleh karena itu,  penderita Anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah srikaya secara rutin dan penyakit ini lambat laun pasti akan hilang.

3.  Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh tetapi apabila kadarnya terlalu tinggi ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Kolesterol jahat akan menyebabkan penyakit yang mematikan. Salah satunya yaitu stroke dan kegagalan fungsi organ lainnya. Oleh karena itu, kamu dianjurkan mengkonsumsi secara rutin buah srikaya ini karena kandungan zat niasin dapat menurunkan dan membunuh kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

4.  Untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu aset kita yang patut untuk dijaga. Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? Maka konsumsilah buah srikaya ini karena kandungan riboflavin dan asupan vitaminnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata kita.

5.  Mencegah Arthritis/Radang Sendi

Arthiritis adalah peradangan yang terjadi pada salah satu atau lebih persendian. Penyakit ini memang tidak tergolong penyakit yang mematikan. Tetapi jika kamu ingi memiliki persendian yang sehat konsumsilah buah srikaya karena kandungan magnesium, potassium serta zat besi sudah pasti akan membuat tulang dan gigi semakin terjaga kesehatannya.Jadi bukan hanya tulang dan persendian yang kuat tapi gigi pun juga menjadi kuat.

6.  Menyembuhkan Bisul

Bisul yaitu benjolan merah pada kulit yang sakit dan bernanah. Buah srikaya ternyata dapat mengatasinya. Caranya, yaitu buah srikaya dihaluskan, lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian balurkan pada bisul. Maka bisul Anda lambat laun akan segera hilang.

7.  Menurunkan Hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu cikal bakal penyakit jantung seperti stroke. Buah srikaya mengandung zat yang dapat menurunkan tekanan darah Anda. Jadi resiko hipertensi dapat diatasi.
8.  Sebagai Sumber Energi

Buah srikaya memiliki kandungan karbohidrat dan gula tetapi berbeda khasiatnya dengan makananan pokok yang sehari-hari kita konsumsi. Selain memberi energi, buah srikaya juga lebih sehat karena tidak mengandung tambahan pemanis buatan.

9.  Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun manusia tidak akan bertahan secara baik dalam kurun waktu yang lama. Akan ada masa naik turun sehingga perlu asupan tambahan seperti vitamin untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan bugar. Buah srikaya mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh.

10.  Makanan Alami Untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau penyakit gula akan dibatasi dalam konsumsi gula dan karbohidratnya. Manfaat buah srikaya bagi kesehatan penderita diabetes cukup besar. Kandungan gula buah baik untuk penderita Diabetes karena tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah sekaligus mengandung zat yang dapat menstabilkan gula darah.

11.  Kesehatan Jantung

Kolesterol dan hipertensi dapat diturunkan, maka resiko terkena penyakit jantung juga akan menurun oleh khasiat kandungan dari buah srikaya ini. Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, maka konsumsilah buah srikaya secara rutin agar jantung Anda selalu sehat.

12.  Memperlancar Pencernaan

Buah sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan pada manusia. Serat dalam buah srikaya sangat tinggi. Jadi kalau ingin lancar BAB dan bebas dari gangguan pencernaan, konsumsilah buah srikaya secara rutin. Hasilnya maka pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar.

13.  Mengobati Diare

Menjaga pencernaan sangatlah penting agar kamu terhidar dari penyakit Diare. Tetapi, apabila sudah terlanjur terkena diare, maka diperlukan asupan vitamin, mineral dan kandungan lain dalam buah srikaya agar dapat mencegah penyakit diare secara alami.

Itulah berbagai manfaat penting buah srikaya yang perlu diketahui. Beberapa di antaranya mungkin tidak berkaitan dengan Anda karena bukan termasuk penderita. Namun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Jadi tidak ada salahnya rutin mengonsumsi buah srikaya agar tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

Semoga Bermanfaat...!!!!

Previous
« Prev Post