Follow by Email

Fakta Seputar Mahasiswa Kehutanan : Sering Diledekin Tarzan?

Portal Rimbawan - Halo sobat, balik lagi ke blog receh dan sederhana ini. Kali ini saya akan bahas mengenai fakta-fakta unik apa saja sih yang dialami oleh mahasiswa jurusan kehutanan. Kebetulan admin sendiri adalah seorang Mahasiswa Kehutanan di Universitas Tadulako, Kota Palu. Simak yah isi artikel ini sepenuhnya pengalaman pribadi maupun dari teman-teman mahasiswa kehutanan lainnya.
BERIKUT FAKTA-FAKTANYA :
Kalau kamu Kuliah di Fakultas seperti Ekonomi, Kedokteran atau Hukum yang sudah sangat familiar pastinya orang-orang dengan mudahnya dapat paham, mengerti dan kagum. Tapi itu tidak berlaku bagi mahasiswa dengan fakultas atau jurusan yang tidak begitu mainstream seperti Fakultas Kehutanan misalnya. Orang awam pasti heran dan berkata "Kok ambil kehutanan memangnya mau jadi Orang utan ya" - bercanda sambil sedikit meledek.. Sedikit nyesek sih emang tapi ya mau gimana lagi sudah terlanjur dan harus dijalani.

Bukan hanya dijuluki orang utan, mahasiswa kehutanan juga punya julukan lain yaitu tarzan. Hah, Tarzan? Ngak habis pikir memang kok netizen sejahat itu ya. Mentang-mentang anak kehutanan itu cowoknya banyak yang gondrong-gondrong tapi jarang sampoan _"upss. Memang sih mahasiswa kehutanan sering main ke hutan tapi ya nggak masuk hutan melulu kita juga banyak kegiatan di industri, persemaian, perusahaan dan masih banyak lagi.

Kamu juga pasti juga sering mendapat pertanyaan "Kenapa ambil Kehutanan? Memangnya nanti kerja dimana? Entah mengapa masih banyak orang yang meragukan prospek kerja dari lulusan kehutanan. Seakan-akan Mahasiswa Kehutanan tidak bisa bersaing di dunia kerja nantinya. 

Ehh... jangan salah bung. Lapangan pekerjaan Lulusan Kehutanan itu luas dan banyak. Misalnya Jadi dosen, lsm, pertambangan, industri, pengusaha, dan masih banyak lagi.. Pak Jokowi yang merupakan salah satu mahasiswa kehutanan UGM saat ini bisa jadi Presiden dua periode, keren bukan?

Satu lagi kesuksesan itu tolak ukurnya bukan tentang dari lulusan apa. Tapi tentang doa dan usaha yang tiada putusnya. Jadi kamu yang kuliah di fakultas yang nggak familiar dan terkenal jangan berkecil hati ya.

Bicara soal fashion atau gaya berpenampilan, anak kehutanan nggak ada lawannya. Coba bayangin dari ujung rambut hingga ujung kepada semuanya merek outdoor. Apalagi kalau mau turun pratikum atau sekedar jalan-jalan pokoknya alat outdoornya lengkap. Tempat Praktikum anak kehutanan itu medannya gak semulus dan semudah fakultas lainnya. Karena sering begerilya di berbagai belahan hutan yang mempunyai medan yang ekstrim tapi inilah yang membentuk mental dan fisikmu. Jadi Fakultas Kehutanan bukan tempatnya anak-anak manja ya. Karena anak kehutanan masuk ke hutan ngaak mandi 3 hari pun is not problem..wkwkwk...

Dengar kata praktikum jadi ingat laporan kan. Hmm namanya juga Mahasiswa pasti sudah akrab dengan yang namanya tugas dan laporan. Bahkan karena banyaknya laporan yang dikerjakan kamu pasti pernah curi-curi waktu untuk bolos mata kuliah hanya demi meyelesaikan laporan dan meminta acc pada asisten dosen yang baik itu... Kalau bahas tentang Laporan itu memang nyesek ya dan nggak ada habisnya.

Kita ke topik berikutnya, di dalam Kehutanan kita diajarkan dengan yang namanya Jiwa Korsa. Jiwa Korsa diajarkan ketika kamu mengikuti kegiatan Pengkaderan yang diwadahi oleh Sylva agar menjadi Seorang Rimbawan sejati. Jiwa korsa mengajarkan tentang satu rasa, solidaritas, kesetiakawanan dan saling membantu satu sama lain. Kamu sudah menjadi rimbawan jika hatimu teriris melihat hutan dibakar, hatimu menangis melihat hutan menjadi gundul dan ingin marah melawan para oknum-oknum tak betanggung jawab tersebut.

Sesulit apapun cobaan kamu sebagai Mahasiswa Kehutanan jangan pernah ragu apalagi berfikir untuk pindah jurusan. Jadi mahasiswa kehutanan itu mulia guys. Setiap mahasiswa kehutanan pasti mendapatkan mata kuliah silvikultur. Silvikultur sendiri adalah seni membangun, menjaga dan melindungi hutan. Coba bayangin jika kamu mengamalkan ilmu tersebut insyaallah amalmu tak akan terputus selama pohon yang kamu tanam masih tumbuh dan hutan yang kamu jaga masih meberikan oksigen ke milayaran manusia di muka Bumi. Masih ragu masuk kehutanan?

Nah itu tadi fakta-fakta seputar anak kehutanan yang sering diledekin tarzan, Saya sebagai mahasiswa kehutanan tak pernah berkecil hati malah saya bangga dapat belajar mengenai ilmu kehutanan.

SALAM RIMBA...!!!
SALAM LESTARI....!!!

#Rimbawantadulako

Previous
« Prev Post