Follow by Email

Daun Sirih Ternyata Memiliki Banyak Manfaat, Yuk Baca - Portal Rimbawan

Portal Rimbawan - Daun sirih merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun organ kewanitaan. Biasanya daun sirih dikenal sebagai obat untuk mengatasi bau badan.

Banyak sekali manfaat dari daun sirih ini yang masuk dalam keluarga piperaceae. Daun sirih memilik kandungan minyak atsiri yg berasal dari zat samak, gula, antioksidan, betleohenol, pati, diastase & lainnya. Oleh karena itu, daun sirih sangat berguna untuk kesehatan dan juga organ kewanitaan khususnya bagi wanita. Daun sirih memang sudah menjadi idaman dan menjadi tanaman tradisional sejak dulu.

Berikut kita kupas terlebih dahulu penyakit yang bisa diatasi oleh daun sirih antara lain sebagai berikut :

1. Menurunkan Kadar Gula
Menurut Penelitian, Daun Sirih dapat menurunkan Kadar Gula dalam Darah. Anda hanya perlu mengkonsumsi secara rutin air rebusan daun sirih setiap harinya.

2. Penyakit Jantung
Percaya atau tidak ternyata daun sirih dapat mengurangi resiko penyakit jantung.d Daun sirih mengandung senyawa kardiotonik yang bisa menggontrol

3. Pendarahan atau Peradangan
Pernahkah anda mengalami pendarahan atau perdangan? Tumbukkan beberapa lembar daun sirih pasti luka yang anda alami akan segera mengering dan membaik. Karena daun sirih mengandung zat aktif yang bisa menghentikan pendarahan dan peradangan pada luka.

4. Batu Berdahak
Pasti sangat tidak nyaman apabila kita menderita batuk apalagi yang berdahak. Anda cukup menghirup uap dari rebusan daun sirih ini. Dahak membandel anda akan mencair dan mudah untuk dikeluarkan.

5. Penyakit Maag
Anda sering telat makan dan terkena maag. Anda tidak perlu khawatir. Minumlah air rebusan daun sirih dua kali sehari agar penyakit maag anda tidak kambuh lagi. Senyawa aktif dalam ektrak daun sirih mampu melindungi lapisan lambung sehingga mencegah luka akibat asam lambung yang naik karena telat makan.

6. Penyakit Kulit
Penyakit kulit seperti kadas, panu, jerawat, komedo, flek hitam dan infeksi jamur. Ternyata dapat diatasi dengan tumbukkan daun sirih dan dioleskan seperti masker pada bagian kulit yang ingin terinfeksi. Karena daun sirih memiliki kandungan minyak eugenol yang berfungsi untuk menangkal jamur dan gangguan lainnya pada kulit.

7. Mencegah Sel Kanker
Kanker adalah salah satu penyakit yang ganas dan belum ada obat yang terbukti ampuh hingga saat ini yang dapat membunuh sel kanker sampai akar-akarnya. Tapi kita dapat mencegahnya, yaitu dengan cara meminum secara rutin rebusan daun sirih ini. Kandungan asam askorbat yang merupakan antioksidan ini yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. 
 
Selain dapat mengobati berbagai penyakit yang telah dijelaskan diatas, Daun sirih juga dapat mengatasi masalah organ kewanitaan antara lain sebagai berikut :

1. Mengharumkan Miss V
Manfaat daun sirih bagi wanita salah satunya yaitu dapat mengharumkan miss v yang mungkin bagi beberapa wanita seringkali diabaikan, padahal miss v membutuhkan perhatian yang lebih khusus agar tidak menimbulkan masalah pada organ kewanitaan. Salah satu cara merawatnya yaitu dengan mengharumkannya melalui ramuan daun sirih.

2. Merapatkan Miss V
Tak hanya mengharumkan, ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk  merapatkan atau melenturkan otot-otot sehingga miss v terasa lebih elastis. Karena kandungan yang terdapat di dalam daun sirih berfungsi agar daerah kewanitaan lebih kesat.

3. Mengatasi Keputihan pada Wanita
Khasiat daun sirih untuk wanita lainnya adalah mengatasi keputihan. Permasalahan keputihan memang hal yang lumrah bagi wanita. Namun, jika keputihan dibiarkan terlalu lama justru dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

4. Membersihkan Miss V
Daun sirih memiliki kandungan anti jamur yang mampu membersihkan bakteri berbahaya disekitar miss v. Selain itu, daun sirih juga bisa menghilangkan mikroba pada daerah kewanitaan.

5. Menghilangkan Rasa Gatal di daerah Kewanitaan
Rasa gatal pada daerah kewanitaan umumnya disebabkan oleh timbulnya bakteri dan jamur yg menempel di daerah kewanitaan, selain itu disebabkan oleh suhu yg terlalu lembab. Gunakan daun sirih untuk menghilangkan rasa gatal di daerah kewanitaan dengan cara membersihkannya dengan air rebusan daun sirih secara teratur.

Tetapi perlu diingat pula, mengkonsumsi daun sirih secara berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif atau efek samping bagi tubuh, karena dapat pula membunuh bakteri baik yang ada dalam tubuh, jadi konsumsi sesuai anjuran dan secukupnya saja ya.
 
Diatas adalah ulasan kami mengenai manfaat dari Daun Sirih, semoga dapat dimanfatkan dengan sebaik-baiknya. Tunggu artikel tentang tanaman obat selanjutnya...!!!!!

Previous
« Prev Post