Follow by Email

Biasa Digunakan Sebagai Bumbu Masak, Ternyata Daun Salam Dapat Mengobati Banyak Penyakit - Yuk Baca

Portal Rimbawan - Hai sobat, balik lagi ke blog receh dan sederhana ini. Bagi sobat Portal Rimbawan yang hobi memasak pasti tahu dong dengan bumbu masak yang satu ini. Ya dia adalah daun Salam. Beberapa masakan memang menggunakannya sebagai bumbu masak. Sebut saja soto, pepes, gule dan sebagainya. 

Tanaman dengan nama latin Syzygium polyanthum ini memiliki banyak khasiat sebagai tanaman obat. Khasiat Daun salam disebabkan karena tanaman ini  memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6-B9. Selain kandungan vitamin dan mineral, daun salam juga mengandung beberapa antioksidan dan senyawa kimia seperti pinene, limonene, neral, serta catechin yang memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh. Kandungan tersebut ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bukan hanya itu, daun salam yang bermanfaat untuk obat tradisional ini ternyata sudah dikenal sejak lama, namun sayangnya jenis obat ini masih belum terkenal seperti jenis obat lainnya.

Daun salam ini merupakan salah satu jenis dedaunan yang banyak tumbuh seluruh pelosok Indonesia dan umumnya digunakan oleh Ibu rumah tangga sebagai penyedap serta pengharum untuk setiap masakan. Namun ternyata, manfaat daun salam ini bukan hanya terletak pada masakan, melainkan bisa juga di gunakan untuk obat tradisional.
Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas manfaat daun salam yang dapat diandalkan  sebagai obat herbal alami yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang serius, antara lain sebagai berikut:

1. Untuk Kesehatan Pencernaan
Manfaat daun salam yang pertama yaitu berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh kita. Kandungan mineral juga vitamin yang ada di dalam daun salam ini dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan serta bisa mengatasi masalah pencernaan lainnya, speerti sembelit, diare bahkan beberapa jenis penyakit lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Nah, untuk mengatasi diare dengan menggunakan daun salam ini caranya cukup mudah, yaitu Anda tinggal meminum air rebusan daun salam yang memang telah Anda campurkan dengan sedikit garam, setelah itu minumlah ramuan sederhana ini ketika Anda mengalami diare.
2. Mengobati Hipertensi
Manfaat lainnya dari daun salam yaitu, bisa digunakan untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Manfaat ini bisa Anda rasakan ketika Anda meminum rebusan air daun salam ini secara rutin. Dan kandungan mineral yang ada di dalam daun salam inilah yang bisa membantu peredaran darah Anda semakin lancar, serta bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Nah agar khasiatnya bisa lebih Anda rasakan, maka Anda bisa mencampurkan daun salam ini dengan daun sambiloto, denjgan cara di rebus secara bersamaan.
3. Mengobati Asam Urat
Asam urat ini merupakan salah satu jenis penyakit persendian yang memang bisa menyerang siapa saja, terutama orang dewasa juga orang lanjut usia. Guna mengatasi asam urat, maka Anda bisa memanfaatkan khasiat dari daun salam ini.
4. Untuk Kesehatan Mata
Bukan hanya itu, ternyata air dari rebusan daun salam ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati sakit mata serta menjaga kesehatan mata Anda. Caranya cukup mudah, yaitu Anda rebus daun salam dengan air, masak hingga mendidih, dan setelah itu usapkan daun salam yang telah di rebus ini pada mata yang sakit, lakukan secara rutin setiap harinya sampai kondisi mata benar-benar sembuh.
5. Mengobati Kolesterol
Kolesterol memang sangat baik untuk tubuh, namun jika kelebihan kolesterol justru bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita. Nah, untuk mengatasi kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun salam, yaitu dengan cara meminuam air rebusan daun salam.
6. Mengobati Sakit Maag
Maag adalah kondisi yang melibatkan peradangan yang terjadi pada lapisan dalam perut. Penyakit ini akan sangat berbahaya jika tidak ditanggulangi dengan serius. Bahkan dalam beberapa kasus penderita maag yang sudah akut dapat merenggut nyawa penderitanya. Nah, untuk sebaiknya sebelum menjadi penyakit yang parah sebaiknya rutin mengkonsumsi rebusan daun salam. Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.
7. Mabuk Akibat Alkohol
Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum. Tetapi sebaiknya sobat tidak perlu mengkonsumsi Alkohol ya karena memang banyak sekali efek negatifnya.
8. Penyakit Kulit, Kudis dan Gatal
Penyakit ini adalah kondisi yang sering menyerang masyarakat Indonesia. Kamu harus segera mengatasinya agar kamu kembali percaya diri tampil di depan umum. Ambillah daun, kulit batang dan akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit. Pemakaian yang rutin juga mempercepat pemulihan kulit.
9. Obat Diare
Obat diare sebenarnya dapat disembuhkan dengan hanya meminum air putih yang banyak. Tetapi jika tidak kunjung membaik sebaiknya segera di obati agar tidak menjadi penyakit yang lebih berbahaya nantinya. Caranya ambilah kurang lebih 15 daun salam yang masih segar. Lalu rebus lah daun tersebut ke dalam air yang mendidih maksimal 2 gelas banyaknya air. Kemudian beri garam secukupnya setelah melakukan semua cara di atas, tunggu air tersebut sampai dingin, setelah dingin minum air tersebut secara teratur untuk diare anda.
10. Mengobati Kencing Manis
Kencing manis adalah penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya kadar gula dalam darah. Ternyata kandungan dari daun salam dapat mengobati penyakit kencing manis ini. Ambil kurang lebih 15 lembar salam dan cucilah sampai bersih. Kemudian rebus lah daun tersebut dengan menggunakan air sebanyak maksimal 3 gelas dan tunggulah sampai mendidih, ketika air tersebut mendidih secara otomatis air tersebut akan berkurang. Lalu tunggulah rebusan air tadi sampai dingin, setelah dingin minumlah air rebusan tersebut. Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, buat dan minumlah air tersebut secara teratur dan rutin.
Nah, itu dia tadi beberapa manfaat daun salam untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda semua dalam menjaga kesehatan tubuh secara alami. 
Semoga bermanfaat!


 







Previous
« Prev Post