Follow by Email

Fakta Seputar Mahasiswa Kehutanan : Sering Diledekin Tarzan?

By On August 28, 2019

Portal Rimbawan - Halo sobat, balik lagi ke blog receh dan sederhana ini. Kali ini saya akan bahas mengenai fakta-fakta unik apa saja sih yang dialami oleh mahasiswa jurusan kehutanan. Kebetulan admin sendiri adalah seorang Mahasiswa Kehutanan di Universitas Tadulako, Kota Palu. Simak yah isi artikel ini sepenuhnya pengalaman pribadi maupun dari teman-teman mahasiswa kehutanan lainnya.
BERIKUT FAKTA-FAKTANYA :
Kalau kamu Kuliah di Fakultas seperti Ekonomi, Kedokteran atau Hukum yang sudah sangat familiar pastinya orang-orang dengan mudahnya dapat paham, mengerti dan kagum. Tapi itu tidak berlaku bagi mahasiswa dengan fakultas atau jurusan yang tidak begitu mainstream seperti Fakultas Kehutanan misalnya. Orang awam pasti heran dan berkata "Kok ambil kehutanan memangnya mau jadi Orang utan ya" - bercanda sambil sedikit meledek.. Sedikit nyesek sih emang tapi ya mau gimana lagi sudah terlanjur dan harus dijalani.

Bukan hanya dijuluki orang utan, mahasiswa kehutanan juga punya julukan lain yaitu tarzan. Hah, Tarzan? Ngak habis pikir memang kok netizen sejahat itu ya. Mentang-mentang anak kehutanan itu cowoknya banyak yang gondrong-gondrong tapi jarang sampoan _"upss. Memang sih mahasiswa kehutanan sering main ke hutan tapi ya nggak masuk hutan melulu kita juga banyak kegiatan di industri, persemaian, perusahaan dan masih banyak lagi.

Kamu juga pasti juga sering mendapat pertanyaan "Kenapa ambil Kehutanan? Memangnya nanti kerja dimana? Entah mengapa masih banyak orang yang meragukan prospek kerja dari lulusan kehutanan. Seakan-akan Mahasiswa Kehutanan tidak bisa bersaing di dunia kerja nantinya. 

Ehh... jangan salah bung. Lapangan pekerjaan Lulusan Kehutanan itu luas dan banyak. Misalnya Jadi dosen, lsm, pertambangan, industri, pengusaha, dan masih banyak lagi.. Pak Jokowi yang merupakan salah satu mahasiswa kehutanan UGM saat ini bisa jadi Presiden dua periode, keren bukan?

Satu lagi kesuksesan itu tolak ukurnya bukan tentang dari lulusan apa. Tapi tentang doa dan usaha yang tiada putusnya. Jadi kamu yang kuliah di fakultas yang nggak familiar dan terkenal jangan berkecil hati ya.

Bicara soal fashion atau gaya berpenampilan, anak kehutanan nggak ada lawannya. Coba bayangin dari ujung rambut hingga ujung kepada semuanya merek outdoor. Apalagi kalau mau turun pratikum atau sekedar jalan-jalan pokoknya alat outdoornya lengkap. Tempat Praktikum anak kehutanan itu medannya gak semulus dan semudah fakultas lainnya. Karena sering begerilya di berbagai belahan hutan yang mempunyai medan yang ekstrim tapi inilah yang membentuk mental dan fisikmu. Jadi Fakultas Kehutanan bukan tempatnya anak-anak manja ya. Karena anak kehutanan masuk ke hutan ngaak mandi 3 hari pun is not problem..wkwkwk...

Dengar kata praktikum jadi ingat laporan kan. Hmm namanya juga Mahasiswa pasti sudah akrab dengan yang namanya tugas dan laporan. Bahkan karena banyaknya laporan yang dikerjakan kamu pasti pernah curi-curi waktu untuk bolos mata kuliah hanya demi meyelesaikan laporan dan meminta acc pada asisten dosen yang baik itu... Kalau bahas tentang Laporan itu memang nyesek ya dan nggak ada habisnya.

Kita ke topik berikutnya, di dalam Kehutanan kita diajarkan dengan yang namanya Jiwa Korsa. Jiwa Korsa diajarkan ketika kamu mengikuti kegiatan Pengkaderan yang diwadahi oleh Sylva agar menjadi Seorang Rimbawan sejati. Jiwa korsa mengajarkan tentang satu rasa, solidaritas, kesetiakawanan dan saling membantu satu sama lain. Kamu sudah menjadi rimbawan jika hatimu teriris melihat hutan dibakar, hatimu menangis melihat hutan menjadi gundul dan ingin marah melawan para oknum-oknum tak betanggung jawab tersebut.

Sesulit apapun cobaan kamu sebagai Mahasiswa Kehutanan jangan pernah ragu apalagi berfikir untuk pindah jurusan. Jadi mahasiswa kehutanan itu mulia guys. Setiap mahasiswa kehutanan pasti mendapatkan mata kuliah silvikultur. Silvikultur sendiri adalah seni membangun, menjaga dan melindungi hutan. Coba bayangin jika kamu mengamalkan ilmu tersebut insyaallah amalmu tak akan terputus selama pohon yang kamu tanam masih tumbuh dan hutan yang kamu jaga masih meberikan oksigen ke milayaran manusia di muka Bumi. Masih ragu masuk kehutanan?

Nah itu tadi fakta-fakta seputar anak kehutanan yang sering diledekin tarzan, Saya sebagai mahasiswa kehutanan tak pernah berkecil hati malah saya bangga dapat belajar mengenai ilmu kehutanan.

SALAM RIMBA...!!!
SALAM LESTARI....!!!

#Rimbawantadulako

Biasa Digunakan Sebagai Bumbu Masak, Ternyata Daun Salam Dapat Mengobati Banyak Penyakit - Yuk Baca

By On August 26, 2019

Portal Rimbawan - Hai sobat, balik lagi ke blog receh dan sederhana ini. Bagi sobat Portal Rimbawan yang hobi memasak pasti tahu dong dengan bumbu masak yang satu ini. Ya dia adalah daun Salam. Beberapa masakan memang menggunakannya sebagai bumbu masak. Sebut saja soto, pepes, gule dan sebagainya. 

Tanaman dengan nama latin Syzygium polyanthum ini memiliki banyak khasiat sebagai tanaman obat. Khasiat Daun salam disebabkan karena tanaman ini  memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, serta vitamin B6-B9. Selain kandungan vitamin dan mineral, daun salam juga mengandung beberapa antioksidan dan senyawa kimia seperti pinene, limonene, neral, serta catechin yang memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh. Kandungan tersebut ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bukan hanya itu, daun salam yang bermanfaat untuk obat tradisional ini ternyata sudah dikenal sejak lama, namun sayangnya jenis obat ini masih belum terkenal seperti jenis obat lainnya.

Daun salam ini merupakan salah satu jenis dedaunan yang banyak tumbuh seluruh pelosok Indonesia dan umumnya digunakan oleh Ibu rumah tangga sebagai penyedap serta pengharum untuk setiap masakan. Namun ternyata, manfaat daun salam ini bukan hanya terletak pada masakan, melainkan bisa juga di gunakan untuk obat tradisional.
Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas manfaat daun salam yang dapat diandalkan  sebagai obat herbal alami yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang serius, antara lain sebagai berikut:

1. Untuk Kesehatan Pencernaan
Manfaat daun salam yang pertama yaitu berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh kita. Kandungan mineral juga vitamin yang ada di dalam daun salam ini dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan serta bisa mengatasi masalah pencernaan lainnya, speerti sembelit, diare bahkan beberapa jenis penyakit lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Nah, untuk mengatasi diare dengan menggunakan daun salam ini caranya cukup mudah, yaitu Anda tinggal meminum air rebusan daun salam yang memang telah Anda campurkan dengan sedikit garam, setelah itu minumlah ramuan sederhana ini ketika Anda mengalami diare.
2. Mengobati Hipertensi
Manfaat lainnya dari daun salam yaitu, bisa digunakan untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Manfaat ini bisa Anda rasakan ketika Anda meminum rebusan air daun salam ini secara rutin. Dan kandungan mineral yang ada di dalam daun salam inilah yang bisa membantu peredaran darah Anda semakin lancar, serta bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Nah agar khasiatnya bisa lebih Anda rasakan, maka Anda bisa mencampurkan daun salam ini dengan daun sambiloto, denjgan cara di rebus secara bersamaan.
3. Mengobati Asam Urat
Asam urat ini merupakan salah satu jenis penyakit persendian yang memang bisa menyerang siapa saja, terutama orang dewasa juga orang lanjut usia. Guna mengatasi asam urat, maka Anda bisa memanfaatkan khasiat dari daun salam ini.
4. Untuk Kesehatan Mata
Bukan hanya itu, ternyata air dari rebusan daun salam ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati sakit mata serta menjaga kesehatan mata Anda. Caranya cukup mudah, yaitu Anda rebus daun salam dengan air, masak hingga mendidih, dan setelah itu usapkan daun salam yang telah di rebus ini pada mata yang sakit, lakukan secara rutin setiap harinya sampai kondisi mata benar-benar sembuh.
5. Mengobati Kolesterol
Kolesterol memang sangat baik untuk tubuh, namun jika kelebihan kolesterol justru bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita. Nah, untuk mengatasi kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun salam, yaitu dengan cara meminuam air rebusan daun salam.
6. Mengobati Sakit Maag
Maag adalah kondisi yang melibatkan peradangan yang terjadi pada lapisan dalam perut. Penyakit ini akan sangat berbahaya jika tidak ditanggulangi dengan serius. Bahkan dalam beberapa kasus penderita maag yang sudah akut dapat merenggut nyawa penderitanya. Nah, untuk sebaiknya sebelum menjadi penyakit yang parah sebaiknya rutin mengkonsumsi rebusan daun salam. Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.
7. Mabuk Akibat Alkohol
Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum. Tetapi sebaiknya sobat tidak perlu mengkonsumsi Alkohol ya karena memang banyak sekali efek negatifnya.
8. Penyakit Kulit, Kudis dan Gatal
Penyakit ini adalah kondisi yang sering menyerang masyarakat Indonesia. Kamu harus segera mengatasinya agar kamu kembali percaya diri tampil di depan umum. Ambillah daun, kulit batang dan akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit. Pemakaian yang rutin juga mempercepat pemulihan kulit.
9. Obat Diare
Obat diare sebenarnya dapat disembuhkan dengan hanya meminum air putih yang banyak. Tetapi jika tidak kunjung membaik sebaiknya segera di obati agar tidak menjadi penyakit yang lebih berbahaya nantinya. Caranya ambilah kurang lebih 15 daun salam yang masih segar. Lalu rebus lah daun tersebut ke dalam air yang mendidih maksimal 2 gelas banyaknya air. Kemudian beri garam secukupnya setelah melakukan semua cara di atas, tunggu air tersebut sampai dingin, setelah dingin minum air tersebut secara teratur untuk diare anda.
10. Mengobati Kencing Manis
Kencing manis adalah penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya kadar gula dalam darah. Ternyata kandungan dari daun salam dapat mengobati penyakit kencing manis ini. Ambil kurang lebih 15 lembar salam dan cucilah sampai bersih. Kemudian rebus lah daun tersebut dengan menggunakan air sebanyak maksimal 3 gelas dan tunggulah sampai mendidih, ketika air tersebut mendidih secara otomatis air tersebut akan berkurang. Lalu tunggulah rebusan air tadi sampai dingin, setelah dingin minumlah air rebusan tersebut. Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, buat dan minumlah air tersebut secara teratur dan rutin.
Nah, itu dia tadi beberapa manfaat daun salam untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda semua dalam menjaga kesehatan tubuh secara alami. 
Semoga bermanfaat!


 







Rutin Mengkonsumsi Buah Srikaya, Kamu Akan Terhindar Dari 13 Penyakit ini...

By On August 24, 2019

Portal Rimbawan - Di Indonesia ini memang banyak sekali tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Salah satunya adalah srikaya, selain sebagai tanaman buah juga bisa dijadikan sebagai herbal untuk pengobatan. Srikaya (Annona squamosa L.) merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya. Kalau di tempat sobat Portal rimbawan ada buah srikaya ini disebut apa?

Dari bentuk buah dan daunnya, sekilas srikaya ini mirip dengan buah sirsak. Begitu pun khasiatnya, jika daun sirsak berkhasiat untuk pengobatan tradisional, maka daun dan buah srikaya pun begitu. Bahkan hampir semua bagian tanaman srikaya ini bermanfaat sebagai obat tapi dalam artikel ini kita kupas terlebih dahulu manfaat dari buahnya.
Srikaya dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Dapat tumbuh pada derajat keasaman tanah (pH) antara 6 - 6,5 dengan ketinggian antara 1000-2000 mdpl. Tanaman ini tergolong tanaman yang tumbuhnya lambat dan enggan berbuah. Jadi jika anda ingin menamannya harus bersabar hingga menunggu untuk berbuah. Srikaya dapat tumbuh hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia dengan suhu udara yaitu 20 - 32 derajat Celcius. Tanaman srikaya ini menyukai tempat dengan banyak naungan dan tidak menyukai daerah terbuka dan banyak angin kencang. Tanaman ini memang bukan termaksud tanaman lokal Indonesia tetapi saat ini sudah banyak dibudidayakan dan sudah tersebar hampir ke seluruh pelosok bumi.

Buah srikaya memiliki banyak kandungan dan manfaat, bukan hanya dari buahnya tetapi juga dari batang, biji, daun, kulit pohon dan akar. Baik, adapun kandungan yang terdapat pada buah srikaya antara lain : magnesium, asam amino, gula buah, pottasium, niasin, vitamin, karbohidrat, fosfor, zat besi, riboflavin dan mucilago.
Baiklah, Berikut kita paparkan 13 Manfaat Srikaya Buat Kesehatan :

1.  Mengobati Asma

Penyakit yang satu ini menjadi momok menakutkan bagi para penderitanya. Aktivitas mereka akan sangat terganggu dan dibatasi, sangat merepotkan dan menyakitkan bukan?. Buah srikaya ini memiliki manfaat sebagai obat asma. Kandungan Antioksidan yang ada dalam buah ini berfungsi menjadi penangkal agar Asma tidak kambuh lagi.

2.  Mengobati Anemia

Anemia adalah kondisi dimana darah tidak memiliki sel darah yang cukup. Kandungan magnesium dan zat besi yang ada pada buah srikaya dapat menjaga keseimbangan dalam darah. Oleh karena itu,  penderita Anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah srikaya secara rutin dan penyakit ini lambat laun pasti akan hilang.

3.  Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh tetapi apabila kadarnya terlalu tinggi ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Kolesterol jahat akan menyebabkan penyakit yang mematikan. Salah satunya yaitu stroke dan kegagalan fungsi organ lainnya. Oleh karena itu, kamu dianjurkan mengkonsumsi secara rutin buah srikaya ini karena kandungan zat niasin dapat menurunkan dan membunuh kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

4.  Untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu aset kita yang patut untuk dijaga. Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? Maka konsumsilah buah srikaya ini karena kandungan riboflavin dan asupan vitaminnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata kita.

5.  Mencegah Arthritis/Radang Sendi

Arthiritis adalah peradangan yang terjadi pada salah satu atau lebih persendian. Penyakit ini memang tidak tergolong penyakit yang mematikan. Tetapi jika kamu ingi memiliki persendian yang sehat konsumsilah buah srikaya karena kandungan magnesium, potassium serta zat besi sudah pasti akan membuat tulang dan gigi semakin terjaga kesehatannya.Jadi bukan hanya tulang dan persendian yang kuat tapi gigi pun juga menjadi kuat.

6.  Menyembuhkan Bisul

Bisul yaitu benjolan merah pada kulit yang sakit dan bernanah. Buah srikaya ternyata dapat mengatasinya. Caranya, yaitu buah srikaya dihaluskan, lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian balurkan pada bisul. Maka bisul Anda lambat laun akan segera hilang.

7.  Menurunkan Hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu cikal bakal penyakit jantung seperti stroke. Buah srikaya mengandung zat yang dapat menurunkan tekanan darah Anda. Jadi resiko hipertensi dapat diatasi.
8.  Sebagai Sumber Energi

Buah srikaya memiliki kandungan karbohidrat dan gula tetapi berbeda khasiatnya dengan makananan pokok yang sehari-hari kita konsumsi. Selain memberi energi, buah srikaya juga lebih sehat karena tidak mengandung tambahan pemanis buatan.

9.  Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun manusia tidak akan bertahan secara baik dalam kurun waktu yang lama. Akan ada masa naik turun sehingga perlu asupan tambahan seperti vitamin untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan bugar. Buah srikaya mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh.

10.  Makanan Alami Untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau penyakit gula akan dibatasi dalam konsumsi gula dan karbohidratnya. Manfaat buah srikaya bagi kesehatan penderita diabetes cukup besar. Kandungan gula buah baik untuk penderita Diabetes karena tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah sekaligus mengandung zat yang dapat menstabilkan gula darah.

11.  Kesehatan Jantung

Kolesterol dan hipertensi dapat diturunkan, maka resiko terkena penyakit jantung juga akan menurun oleh khasiat kandungan dari buah srikaya ini. Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, maka konsumsilah buah srikaya secara rutin agar jantung Anda selalu sehat.

12.  Memperlancar Pencernaan

Buah sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan pada manusia. Serat dalam buah srikaya sangat tinggi. Jadi kalau ingin lancar BAB dan bebas dari gangguan pencernaan, konsumsilah buah srikaya secara rutin. Hasilnya maka pencernaan Anda akan menjadi lebih lancar.

13.  Mengobati Diare

Menjaga pencernaan sangatlah penting agar kamu terhidar dari penyakit Diare. Tetapi, apabila sudah terlanjur terkena diare, maka diperlukan asupan vitamin, mineral dan kandungan lain dalam buah srikaya agar dapat mencegah penyakit diare secara alami.

Itulah berbagai manfaat penting buah srikaya yang perlu diketahui. Beberapa di antaranya mungkin tidak berkaitan dengan Anda karena bukan termasuk penderita. Namun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Jadi tidak ada salahnya rutin mengonsumsi buah srikaya agar tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

Semoga Bermanfaat...!!!!

Memprihatinkan, Populasi Pesut Mahakam Hanya Tersisa 30 Ekor?

By On August 22, 2019

Portal Rimbawan - Adakah sobat Portal Rimbawan yang tinggal di dekat Sungai Mahakam? Pasti pernah mendengar tentang Pesut. Namun, belum tentu semua orang pernah melihat langsung hewan dengan sebuatan lain lumba-lumba air tawar yang dijadikan maskot Provinsi Kaltim ini berenang bebas di sungai terbesar dan terpanjang di Kaltim. Apalagi saat ini memang sangat sulit menjumpai pesut di perairan Tenggarong hingga Samarinda, kecuali dulu dibawah tahun 2000 pesut masih kerap terlihat. Sehingga banyak anak-anak dan generasi sekarang yang belum sama sekali melihat hewan langka yang mendunia tersebut.  
Pesut Mahakam adalah salah satu satwa dilindungi di Indonesia. Hal itu sudah disertakan pada UU No. 5 1990. Pesut yang ada di Kalimantan Timur dapat kita jumpai di beberapa titik wilayah seperti sungai Belayan, Muara Sungai Pela, Danau Semayang yang masing-masing tempat ini berada di wilayah Kotabangun, kita juga dapat menjumpai pesut di sungai Kedang Rantau, Muara Kedang Kepala dan terkadang masuk ke Muara Siran wilayah Kecamatan Muara Kaman, selain itu ada wilayah lagi biasanya pesut ino muncul diantaranya di Kecamatan Muara Wis dan Muara Muntai, Kalimantan Timur.

Untuk diketahui bahwa panjang tubuh pesut dewasa bisa mencapai 2,7 meter dengan berat maksimal 150 kg, dimana jantan lebih besar daripada betina. Bayi pesut baru lahir memiliki panjang 90cm-1m dengan berat 10-12 kg. Mamalia mahakam ini memiliki masa hamil 8 hingga 14 bulan, dan melahirkan anak dalam kurun 1 sampai 3 tahun sekali. Setelah melahirkan biasanya pesut menyusui anaknya selama 1 hingga 2 tahun. 

Tubuh Pesut berwarna abu-abu atau kelabu sampai biru tua dengan bagian bawah berwarna lebih pucat. Pesut sering berenang dengan kecepatan 5 km/jam, bisa berenang cepat hingga 20km/jam namun sangat jarang. Bentuk badan pesut hampir mendekati oval dengan sirip punggung mengecil dan agak ke belakang. Kepala pesut berbentuk bulat dengan mata yang berukuran kecil. Mulutnya lebar melintang di bagian moncong yang tak berparuh seperti lumba-lumba, diatas kepalanya terdapat lubang pernafasan atau lubang sembur. Menurut Danielle, pesut juga bisa menyemburkan air dari mulut untuk membingungkan ikan yang menjadi mangsanya, juga dilakukan pejantan untuk menarik perhatian betina.

(Tingginya aktivitas di Perairan Kalimantan sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup Pesut Mahakam)
Banyak sekali ancaman-ancaman bagi kehidupan pesut sendiri, antara lain: hampir 64% kematian pesut mahakam banyak tersangkut di rengge ataupun jaring nelayan, kemudian konversi rawa oleh industri kelapa sawit juga sangat mempengaruhi kulitas air sungai, dimana rawa yang seharusnya menjadi tempat ikan bertelur sudah tidak bisa lagi dikembangkan, lalu metode penangkapan ikan secara ilegal seperti penyetruman, trawl juga mempengaruhi bagi kehidupan pesut, polusi dalam air dari tugboat, sampah plastik dan bahan kimia lainnya yang telah tebuang ke sungai serta tingginya aktivitas di sungai baik dari nelayan maupun aktivitas pengangkutan hasil tambang sangat menganggu keberlangsungan hidup pesut mahakam sendiri. 
(Terlihat seekor Pesut Mati dan terdampar di pinggir Sungai)
Tahun 2018 adalah catatan kelam bagi pesut mahakam dan menjadi sejarah buruk bagi pesut, karena tahun 2018 ada kisaran 10-11 ekor pesut mahakam yang ditemukan mati. Berbagai upaya telah dilakukan untuk melindungi habitat pesut mahakam seluas 45.000 ha. 
(Penampakan Munculnya Pesut Mahakam)
Pada tahun 2019 sendiri sudah sangat sulit untuk menjumpai pesut mahakam, bahkan dapat dihitung jari. Pada bulan mei kemarin sempat mucul seekor pesut di perairan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Limau, diduga melakukan migrasi lantaran lingkungan perairan Bontang dianggap masih bagus untuk hewan tersebut bertahan hidup. Diperkirakan berat pesut ini mencapai 60 kg, diameter 40 cm dan panjang 3 meter. 

Hasil survei dan pemantauan Lembaga JARI Indonesia Borneo Barat, hanya ada 30 ekor Pesut di sejumlah sungai di Kabupaten Kubu Raya dan Kayong Utara, Kalimantan Barat. “Memang belum ada data populasi yang pasti, namun dari akumulasi perjumpaan dan jumlah setiap perjumpaan, diperkirakan populasi Pesut di perairan Kubu Raya dan Kayong Utara lebih dari 30 individu pesut dengan warna hitam, abu-abu, dan putih,” kata Manajer Program JARI Indonesia Borneo Barat, Aris Munandar.

Saat ini, JARI Indonesia Borneo Barat melalui dukungan program Tropical Forest Conservation Act (TFCA) Kalimantan, bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan Amerika, sedang mengumpulkan data tentang keberadaan pesut dan kondisi lingkungan habitat pesut di perairan Kubu Raya dan Kayong Utara.

Hal itu dilakukan sebagai bahan untuk mengupayakan adanya kebijakan tentang perlindungan habitat Pesut khusunya di Kalimantan Barat.

Mari kita sebagai Masyarakat juga ikut ambil bagian untuk menyelamatkan Pesut Mahakam dari kepunahan sebelum terlambat. Kita jaga lingkungan sungai yang bersih dan tidak mengotorinya dengan sampah. Karena sungai adalah rumah utama bagi Pesut. 

SALAM LESTARI...!!!!