Follow by Email

Penanganan Hipotermia Dengan Cara Disetubuhi, HOAX!

Soal metode menyetubuhi teman yang terkena Hipotermia?
Jawabannya adalah TIDAK TEPAT.
.
Hipotermia adalah salah satu kendala dan pembunuh paling ampuh saat orang sedang mendaki gunung jika tidak di tangani degan tepat. Apa lagi, Akhir-akhir ini mendaki gunung adalah tren bagi anak muda untuk piknik atau sekedar berburu foto selfie tanpa tau cara-cara penanganan ketika ada yang terkena Hipotermia, apa yang harus di lakukan dan bagaiamana cara menanganinya?
Sebagian cuma berbekal kata temannya dan menurut yang saya baca di FB/IG bla bla bla....
.
Akhir-akhir ini banyak beredar info berupa foto/sceeenshotan sbuah kejadian seseorang yang terkena Hipotermia dg cara DISETUBUHI yg menyesatkan para pendaki pemula terutama pelajar yg menurut kami sangat berbahaya jika tidak segera di luruskan. Seperti kutipan pada screenshoot berikut ini 👇
Padahal, Masih banyak metode lain yang bisa dilakukan seperti :
1. Buat minuman Hangat seperti :jahe, susu, madu yangg cepat mengembalikan panas tubuh
2. Ganti pakaian yang basah kringat dg pakaian yg kering
3. Menggunakan SB/selimut doble
4. Gunakan thermal blanket
5. Buat Perapian
.
Jika sudah parah & semua cara tidak segera membaik, jalan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan metode SKIN TO SKIN (kulit bertemu dengan kulit) bukan ''DISETUBUHI'',  Karena istilah ini artinya korban diajak berhubungan badan dan istilah ini sangat berbahaya dan bisa salah gunakan untuk pembenaran mencari kesempatan saat temannya sedang tertimpa musibah.

Berita terakhir ada korban kena HIPO, lalu disetubuhi temannya (dalam kondisi tidak sadar/diperkosa) akhirnya malah mninggal dunia.
Jadi metodenya tanpa mengenakan sehelai pakaian apapun lalu masuk ke dalam 1 SB yg sama sambil di peluk. Tujuannya adalah untuk mengembalikan suhu tubuh yg terkena HIPO dg menyalurkan panas badan melalui kulit.
 Namun itu pun dengan beberapa catatan :
1. Lakukan jika metode lain tidak berhasil
2. Usahakan lakukan dengan sesama jenis (cewek sama cewek, cowok sama cowok),
jika memang tidak bisa/dalam Kondisi yang sangat darurat, baru dibenarkan berlainan jenis.
Oleh karna itu jika dalam 1 rombongan ada 1 cewek nya, usahakan cari teman atau minimal 1 rombongan ada 2 cewek, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti HIPOTERMIA ini.
 .
Jadi kesimpulannya tidak dibenarkan apabila DISETUBUHI,  melainkan  SKIN To SKIN, &  Masih banyak hal yg bisa Dilakukan Sebelum melakukan metode itu.
.
Sumber: Camera pendaki Indonesia 


Previous
« Prev Post