Follow by Email

Binahong, Tanaman Rambat yang memiliki Banyak Manfaat dari Obat Kanker hingga Kecantikan

foto : kuliahislam.com
PORTAL RIMBAWAN -  Dalam rangka menyambut Hari Keanekaragaman Hayati Dunia dan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2019, Penulis menyajikan artikel tentang Manfaat dan Cara Pengolahan Tanaman Binahong yang merupakan tanaman yang sudah lama tumbuh di Indonesia tetapi pemanfaatannya masih sangat terbatas dan baru belakangan ini tanaman ini dijadikan alternatif bagi sebagian orang untuk obat alami, baik penyakit ringan dan berat.

Keanekaragaman hayati di Indonesia memang sangat-sangat melimpah, diperkirakan ada sekitar 30.000 dari 40.000 spesies tumbuhan yang ada di dunia terdapat di Indonesia, lalu sekitar 9600 jenis tumbuhan sudah dimanfaatkan masyarakat sebagai obat-obatan tradisional, memelihara kesehatan dan juga untuk kecantikan dan salah satu dari ribuan jenis itu adalah Tanaman Binahong sendiri.

Binahong merupakan tanaman yang tumbuhnya merambat dan juga dapat hidup dalam lingkungan dingin dan lembab, jika ingin menanamnya sudah pasti kita harus menyiapkan Ajir (sarana rambatan). Saat ini mulai banyak yang menanam, disamping juga sebagai tanaman obat, juga tanaman hias daun. Bisa ditanam didalam pot, halaman pekarangan maupun di kebun.

Berikut kita ulas secara lengkap 11 Manfaat Tanaman Binahong untuk Mengobati Penyakit dan cara pengolahannya :

1. Obat Luka
Khasiat binahong sebagai obat luka luar sudah tidak diragukan lagi keampuhannya, karena sudah banyak yang membuktikannya. Binahong dapat menyembuhkan luka luar karena dapat mempercepat proses pembentukan jaringan granulasi. Jaringan granulasi adalah jaringan fibriosa yang terbentuk dari bekuan darah pada proses pemyembuhan luka dan sel-sel kulit muda.
Cara pengolahannya yaitu siapkan daun binahong sebanyak 5 lembar (tergantung besaran luka). Kemudian Daun binahong dicuci, diremas-remas sampai jadi lembut serta berlendir. Lalu tempelkan di bagian luka, setelah itu tunggu sebentar, jadi lukanya akan cepat mengering. Kandungan antiseptik dari daun binahong juga membantu percepatan keringnya luka yang ada pada bagian tubuh kita.

2. Obat Ambeien
Ambeien adalah terjadi pembekakan pembuluh darah pada area rektum dan anus.  Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu kesulitan buang air besar dan dapat mengakibatkan timbulnya benjolan di sekitar area anus yang teramat nyeri dan sakit. 
Cara pengolahannya yaitu siapkan daun Binahong sebanyak 16 lembar dan air 3 gelas. Lalu cuci daun binahong dicuci kemudian rebus hingga mendidih sampai tinggal 2 gelas. Setelah itu didinginkan dan disaring ke dalam gelas lalu diminum. Dengan meminum air rebusan daun binahong tersebut dipercaya dapat mengurangi benjolan wasir dan perlahan membaik.

3. Obat Batuk
Memang era modern sekarang ini obat batuk sangat mudah didapatkan di toko-toko atau apotek terdekat. Tetapi, tidak dipungkiri juga banyak masyarakat yang lebih memilih dan mencoba cara herbal karena terbukti lebih hemat dan minim efek sampingnya. Salah satunya dengan meminum rebusan daun binahong ini.
Cara pengolahanya siapkan daun binahong sebanyak 10 lembar. Kemudian daun binahong dicuci lalu di rebus hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan kemudian diminum 1 kali sehari hingga batuk mereda. Efek dingin khas daun binahong ini akan meredakan batuk dan gatal pada tenggorokan.

4. Obat Darah Rendah.
Tekanan darah rendah memang bukan tergolong penyakit yang mematikan. Tetapi, jika tak kunjung diobati dapat membawa dampak yang berbahaya. Untuk itu, diperlukannya pengobatan yang tepat agar segera dapat pulih dan normal kembali. Rebusan daun binahong merupakan salah satu opsi pengobatan secara herbal. 
Cara pengolahannya yaitu siapkan daun binahong sebanyak 8 lembar dan 2 gelas air. Daun binahong dicuci lalu di rebus hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas. Dinginkan dan kemudian saring ke dalam gelas dan diminum 1 kali sehari. Hingga tekanan darah normal kembali. Kandungan daun binahong memiliki zat besi yang tinggi dan dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah.

6. Obat Disentri.
Disentri adalah penyakit radang usus yang disertai diare berdarah yang biasanya disebabkan oleh bakteri shigella atau amuba. Penyakit ini menyebar melalui makanan dan minuman (terkontaminasi) yang kita konsumsi. Untuk itu diperlukan ramuan herbal seperti rebusan daun binahong ini untuk menetralisir racun dan bakteri pada usus.
Cara pengolahannya siapkan daun binahong sebanyak 10 lembar dan 2 gelas air. Daun binahong dicuci lalu di rebus hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas. Disaring dalam keadaan air hangat kemudian diminum 1 kali sehari.

7. Kecantikan
Daun binahong juga dapat dimanfaatkan sebagai produk kosmetik herbal. Daun binahong memiliki kandunganm kolagen yang tinggi sehingga dapat mencerahkan wajah dengan cepat. Bukan hanya itu tetapi juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, flek hitam, komedo dan juga mengencangkan kulit.
Caranya yaitu  siapkan daun binahon sebanyak 6 lembar. kemudian daun binahong dicuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Tahap terakhir oleskan ke seluruh bagian wajah, selama 30 menit baru cuci kembali dengan air bersih. Gunakan secara rutin setelah mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Mencegah Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang ganas dan berbahaya. Bahkan dalam dunia medispun belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara total. Daun binahong sendiri hanya bisa mengendalikan dan menurunkan kadar gula, karena kandungan senyawa alkoloidnya.
Cara pengolahanya yaitu siapkan daun binahong sebanyak 7 lembar dan air 2 gelas. Daun binahong dicuci kemudian direbus hingga air tersisa 1 gelas. Saring ke dalam gelas dan minum dalam keadaan hangat.

9. Membersihakan Paru-Paru dari Racun yang disebabkan Rokok
Para perokok aktif wajib mengkonsumsi rebusan daun binahong jika menginginkan Paru-paru yang bersih dari kotoran dan racun yang disebabkan oleh Rokok. Senyawa daun binahong dapat mengeluarkan racun dan kotoran dalam paru-paru secara perlahan.
Cara pengolahanya yaitu siapkan sebanyak 6 lembar daun binahong dan air 2 gelas. Daun binahong dicuci hingga bersih kemudian direbus hingga air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring ke dalam gelas. Konsumsi setidaknya 3-4 Kali dalam seminggu untuk menjaga paru-paru tetap bersih.

10. Mengobati Kanker
Memang masih perlu kajian dan penelitian yang mendalam tentang khasiat Daun binahong untuk mengobati kanker, yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya. 
Cara pengolahannya diperlukan teknik khusus untuk mendapatkan hasil maksimal. Siapkan sekitar sebanyak 12 lembar daun binahong dan 1 liter air. Daun binahong kemudian dicuci dan direbus selama 15 menit. Dinginkan dan saring ke dalam wadah. Diminum 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Meningkatkan Vitalitas Pria
Bagi kamu yang menderita ejakulasi dini atau lemah syahwat juga dianjurkan mengkonsumsi rebusan daun binahong ini. Ektrak kandungan dari daun binahong dapat meningkatkan stamina manusia dalam bekerja dan juga dapat membuat vitalitas pria meningkat. Cara pengolahannya yaitu siapkan sebanyak 4 lembar daun binahong dan 2 gelas air. Daun binahong dicuci hingga bersih kemudian rebus hingga 5 menit, kemudian diginkan dan saring. Minum secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

LARANGAN MENGKONSUMSI DAUN BINAHONG :
1. Dilarang dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit Angin duduk (angina). (Karena dapat memperburuk keadaan).
2. Dilarang mengkonsumsi daun binahong berbarengan dengan Kopi dan Teh. (Dapat menyebabkan pusing hingga muntah-muntah).
3. Dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. (Kandungan daun binahong tidak baik untuk bayi).

Beberapa pemaparan diatas adalah resep-resep ampuh dari daun binahong. Walaupun memiliki banyak khasiat, tetapi harus diperhatikan juga karena ada larangan dalam mengkonsumsinya. Tidak ada salahnya mulai saat ini menanam tanaman binahong itu di pekarangan rumah, siapa tahu satu suatu waktu kita atau sanak saudara membutuhkannya. Formasi daun perlembar yang dipakai sangat utama, selain buat keamanan juga kemanjuran obat.

Jadi jika ingin mengkonsumsi atau menggukanan daun binahong harus sesuai resep diatas!

#idb2019kkh
#tanamanobat


Previous
« Prev Post