Follow by Email

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Mendaki

Portal Rimbawan - Mendaki Gunung memang sudah menjadi hobi yang umum sekarang, terlebih lagi hobi yang satu ini memanglah menyenangkan jika sudah merasakan nikmatnya. Tapi juga jadi hal lumrah kalau mendaki gunung itu melelahkan, bagaimana tidak, selain harus menempuh perjalanan yang jauh, kita juga harus membawa beban yang berat pula.
Berikut beberapa tips agar pendakian terasa nyaman dan kita tidak mudah merasakan lelah.
Berikut kurang lebihnya :

1. PERSIAPKAN FISIK.
Alangkah baiknya sebelum mendaki kita harus mempersiapkan fisik secara baik, entah olahraga atau pemanasan kecil.

2. BARANG BAWAAN.
Atur barang bawaan sebagaimana perlunya, jangan membawa barang yang berlebihan, utamakan barang yang jadi kebutuhan utama dan yang penting saja.

3. PACKING CARIER.
Hal ini juga sangat berpengaruh, karena setting carier akan mempengaruhi kenyamanan kita saat tracking, jadi alangkah baiknya kita harus tau bagaimana setting carier yang baik dan benar.

4. MAKAN & MINUM.
Untuk makanan usahakan yang sekiranya mengandung asupan yang cukup untuk stamina kita, hindari "mie instant".
Dan untuk minum jangan terlalu sering dan berlebihan, atur secukupnya.

5. PELINDUNG TUBUH.
Pakailah pelindung tubuh yang sekiranya menghindari kita dari sengatan langsung sinar matahari, misal jaket, manset, topi, dll. Agar kita tidak mudah dehidrasi.

6. OLAH NAFAS.
Tekhnik pengaturan nafas juga berpengaruh terhadap stamina kita saat mendaki, tekhnik nafas yang benar akan menjaga stabilitas stamina kita.

7. MINDSET.
Saat mendaki, jangan terlalu memikirkan jarak atau terintimidasi tujuan. Buatlah perjalanan kita senyaman mungkin, misalnya bercanda saat perjalananan ataupun mengobrol.

Previous
« Prev Post