Follow by Email

Memilukan, 2 Ekor Rangkok Jadi Santap Siang di Korolama SULTENG

Source :Ahmad Azhar

Portal Rimbawan - Burung enggang, julang, burung tahun atau kangkareng merupakan sebutan lain dari burung rangkong yang kita kenal di Indonesia.  Burung rangkong merupakan kelompok burung yang mudah dikenali karena memiliki ciri khas berupa paruh yang besar dengan struktur tambahan di bagian atasnya yang disebut balung.

Julang Sulawesi adalah Spesies burung Rangkok dalam famili Bucerotidae. Burung ini merupakan burung endemik Sulawesi.

Seluruh jenis rangkong di Indonesia di lindungi oleh pemerintah yang di tuangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999. Berdasarkan IUCN, 5 jenis rangkong Indonesia berstatus terancam dan satu jenis bersifat mendekati kepunahan. Jadi sudah jelas bahwa memelihara, menjual, atau melakukan perburuan terhadap burung jenis ini dapat dikenakan Pasal.

Pembantaian Burung Rangkok menjadi Menu makanan di Korolama Sulteng viral di Facebook, di unggah Oleh akun Acca Accaevara. Dia Menuliskan " Save Rangkok, Kejadian ini terjadi di seputaran Korolama, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali, Sulteng.

Postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 34 kali (07/03/2019). 
Salah satu komentar oleh Akun Facebook Jery Imot "Sayang sekali.... Salah satu burung endemik di sulawesi tengah khususnya morowali utara yang diambang kepunahan masih saja diburu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab"

Dengan maraknya perburuan burung jenis ini, bukan tidak mungkin jika rangkok benar-benar punah beberapa tahun mendatang

Sampai saat ini belum ada konfirmasi langsung oleh Balai Konservasi Sumber daya Alam Sulawesi Tengah (BKSDA SULTENG) mengenai Postingan tersebut.

Previous
« Prev Post