Follow by Email

Resep Cara Membuat Acar Mentimun

Cara Membuat Acar Mentimun
Mentimun merupakan sayuran yang 90% terdiri dari air. Ketersediaan buah mentimun di Indonesia termasuk melimpah ruah dan dijual dengan harga relatif murah. Istimewanya lagi, mentimun memiliki banyak manfaat dan rasanya juga nikmat. Mentimun biasanya dikonsumsi langsung dalam keadaan segar. Tetapi terkadang pula mentimun dikonsumsi setelah diolah. Salah satu olahan mentimun adalah acar. Rasanya tak hanya nikmat tetapi juga menyehatkan. Membuat acar timun sesungguhnya cukup mudah. Berikut resepnya.


Resep Pertama : Acar Timun


Berdasarkan catatan sejarah, acar berasal dari tanah India dan sudah dikenal sejak 4000 tahun silam. Aristoteles juga Napoleon Bonaparte menyukai makanan ini dan bahkan menjadikannya ransum untuk prajuritnya. Acar memang dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Khasiat nyata acar timun bisa dilihat dari kebiasaan orang Arab dalam mengkonsumsi daging. Kebiasaan ini tidak membuat mereka terjebak dalam penyakit hipertensi sebab mereka mengkonsumsi daging dengan acar mentimun. Acar memang disinyalir memiliki efek penetralisir. Karena itu, ada baiknya Anda memasukkan menu acar dalam konsumsi harian Anda. Berikut resep acar mentimun yang bisa Anda praktekkan di dapur Anda.

Bahan Yang diperlukan :
·    500 gram mentimun yang telah dipotong dadu.
·    25 butir bawang merah kecil yang telah dikupas. Biarkan utuh.
·    15 siung bawang putih yang telah dikupas. Biarkan utuh.
·    25 buah cabe rawit merah. Biarkan utuh.
·    1 liter air matang.

Bahan Untuk Merendam:
·    150 gram gula pasir.
·    50 ml cuka.
·    1 sendok makan garam.
·    750 ml air.
·    3 cm jahe. Iris setipis mungkin.

Cara membuat acar:
Pertama, didihkan air rebusan kemudian masukkan potongan mentimun, bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Rebus sampai semuanya berubah warna. Kemudian angkat dan tiriskan sampai dingin. Selanjutnya, rebus semua bumbu pada bahan perendam sampai mendidih. Setelah itu angkat dan dinginkan. Selanjutnya, masukkan campuran mentimun, bawang merah dan putih serta cabe yang telah di rebus ke dalam bumbu yang juga telah direbus. Wadah terbaik adalah botol atau toples yang steril. Diamkan selama 24 jam agar bumbu meresap. Setelah itu, acar mentimun siap dikonsumsi.

Resep Kedua : Acar Timun Wortel

Selain memakai bahan mentimun segar, ternyata akan lebih nikmat lagi jika kita membuat acar mentimun yang dipadukan dengan bahan lainnya. Salah satu bahan tambahan terbaik adalah wortel. Berikut resepnya.

Bahan Yang Diperlukan:
·    5 buah mentimun segar. Buang biji dan potong daging buah dengan bentuk dadu kecil.
·    10 buah cabe rawit berwarna merah. Bisa dibiarkan utuh atau dipotong menjadi tiga bagian.
·    3 buah wortel segar. Potong memanjang atau berbentuk dadu kecil.
·    5 biji bawang merah. Potong menjadi dua bagian.
·    350 ml air matang.
·    350 gram gula pasir kasar.
·    3 sendok makan cuka.
·    1 sendok makan garam

Cara Membuat Acar Mentimun Wortel:
Pada prinsipsnya, proses pembuatan acar mentimun sama dengan acar mentimun-wortel. Tetapi, Anda juga boleh tidak merebus bahan acar seperti mentimun, cabe, bawang merah, dan wortel. Campurkan air, garam, dan gula kemudian didihkan. Setelah mendidih, masukkan cairan cuka dan aduk rata. Setelah dingin, masukkan mentimun, cabe, wortel, dan bawang merah. Aduk rata dan diamkan selama 24 jam. Bisa dalam suhu ruang maupun lemari pendingin.

Resep Ketiga : Acar Kuning

Resep acar mentimun lainnya adalah Acar Kuning. Bahan yang diperlukan antara lain sebagai berikut:
·    Kacang tanah yang telah direbus. Tidak usah terlalu banyak, cukup empat sendok makan.
·    Satu buah mentimun segar. Bersihkan dan potong memanjang seperti kacang panjang. Jangan ambil bijinya.
·    Dua buah wortel ukuran sedang. Bersihkan dan potong memanjang seperti mentimun.
·    Buncis sepuluh biji. Bersihkan dan potong.
·    Cabe 10 biji. Biarkan utuh.
·    Bawang merah 5 biji. Biarkan utuh.

Bumbu Acar:
·    Bawang putih dua siung.
·    Jahe 1 ruas. Potong tipis-tipis.
·    3 biji kemiri.
·    Cuka 4 sendok makan.
·    Gula Putih.
·    Kunyit halus 1 sendok teh.
·    Santan kental 1 gelas penuh.

Cara Membuat Acar Kuning:
Haluskan bumbu cabe, bawang putih, jahe dan kemiri. Setelah itu tambahkan kunyit. Kemudian tumis sampai harum. Selanjutnya masukkan wortel dan campurkan santan, panaskan sampai mendidih. Kemudian tambahkan cuka, gula pasir, cabe utuh, dan bawang merah utuh. Aduk hingga tercampur rata. Jika bawang sudah terlihat layu, masukkan mentimun juga kacang rebus. Acar kuning tak perlu didiamkan dan bisa langsung dikonsumsi.

Resep Keempat : Acar Mentimun Udang

Resep membuat acar mentimun lainnya adalah dengan menambahkan udang kupas juga udang kering. Rasanya sangat istimewa dan tentu kaya akan gizi. Berikut hal yang dipersiapkan:

Bahan:
·    100 gr mentimun. Potong dadu.
·    250 gr udang. Kupas cangkangnya.
·    250 ml air

Bumbu Acar:

·    50 gr udang kering.
·    2 cabe merah
·    3 cabe rawit. Potong menjadi dua bagian.
·    1 sdt garam
·    2 sdm gula pasir
·    1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat:
Didihkan air kemudian masukkan udang yang telah dikupas. Rebus selama kira-kira lima menit dan kemudian angkat dan tiriskan. Ambil wadah dan masukkan irisan dadu mentimun serta semua bumbu acar. Aduk hingga bumbu benar-benar merata dan mentimun mengeluarkan cairan. Kemudian masukkan udang yang telah direbus. Bisa didiamkan selama 24 jam atau disantap langsung juga tak kalah nikmatnya.

Masih banyak cara membuat acar mentimun lainnya. Semuanya bergantung pada selera Anda. Kembangkan jiwa memasak dan raciklah resep acar mentimun lezat lainnya. Mengingat konsumsi harian acar sangat baik, tentu kreatifitas Anda diperlukan agar anggota keluarga tidak bosan menyantap jenis acar yang sama setiap harinya. Selamat berkesperimen!

Previous
« Prev Post