Follow by Email

Khasiat Mentimun untuk Mata

Khasiat Mentimun untuk Mata
Cucumis Sativus L atau yang lebih populer dikenal dengan nama mentimun (timun atau ketimun), merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Mentimun digolongkan ke dalam keluarga labu-labuan. Tanaman ini merambat dan termasuk tumbuhan semusim, dimana siklus hidupnya sangat pendek. Mentimun cukup populer dikonsumsi sebab kandungan gizinya terbukti baik untuk tubuh. Selain dikonsumsi, mentimun juga ternyata bermanfaat untuk memelihara kecantikan. Salah satu khasiat mentimun adalah untuk mata.

Mengusir Mata Lelah Dan Sembab

Mentimun atau timun mengandung asam askorbat, vitamin C, dan caffeic acids. Zat-zat ini dikenal baik dalam hal mencegah retensi air di dalam tubuh dan juga ampuh meredakan kulit yang meradang, iritasi dan bengkak. Maka itu, tidak heran jika kemudian mentimun dikenal sangat ampuh mengusir mata yang berkantung dan terlihat lelah. Selain itu, mata sembab juga bisa disembunyikan dengan buah yang segar ini. Caranya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan dua irisan timun bulat dan letakkan di kedua mata Anda yang sedang tertutup. Biarkan selama 15 menit. Dalam melakukan ritual ini, Anda harus tetap berhati-hati. Kabarnya mentimun juga memiliki kandungan jamur, oleh sebab itu pastikan mata Anda terkatup rapat agar aman dari mikroba dan juga jamur tentunya.


Mengusir Mata Panda

Istilah “mata panda” pasti tidak asing di telinga Anda. Mata panda merujuk pada kondisi dimana kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap. Hal yang memicu kondisi ini antara lain rasa lelah. Mata panda cukup mengganggu bagi mereka yang sangat peduli pada penampilan dan juga kecantikan kulit. Tetapi jangan khawatir, sebab ternyata mentimun juga berkhasiat mengusir si mata panda pengganggu ini. Caranya cukup sederhana, kompres mata Anda dengan irisan mentimun setiap hari dengan durasi 15 sampai 20 menit sampai lingkar mata kembali berwarna normal.

Gel Mata Dari Bahan Mentimun

Khasiat mentimun untuk mata rupanya banyak dilirik produsen kosmetik. Di pasaran, dengan mudah kita bisa mendapatkan produk gel mata yang berbahan baku utama buah mentimun. Bagi Anda yang menyukai kepraktisan, hadirnya gel mata mentimun ini tentu sangat membantu. Istimewanya lagi, Anda tak lagi memusingkan kandungan jamur dan mikroba pada buah mentimun. Sebab, kabarnya gel mata mentimun ini telah melalui proses sterilisasi. Jadi Aman!

Kombinasikan Dengan Bahan Lain

Untuk mengoptimalkan kerja mentimun, ada baiknya jika Anda mengkombinasikannya dengan penggunaan bahan lain untuk kompres mata. Salah satu yang terbaik adalah teh celup bekas pakai. Teh diketahui mengandung tannin yang baik untuk melenyapkan lingkar hitam sekitar mata Anda. Jadi gunakan kompres mentimun hari ini dan hari berikutnya gunakan teh celup bekas pakai tersebut. Khasiat mentimun untuk mata berpadu dengan ampuhnya teh, tentu akan lebih cepat memperbaiki tampilan mata Anda. Tetapi mengingat kedua cara ini alami, kuncinya Anda harus bersabar dan telaten. Selamat mencoba!

Previous
« Prev Post