Follow by Email

Khasiat Mentimun untuk Darah Tinggi

Khasiat Mentimun untuk Darah Tinggi
Mentimun, timun atau ketimun adalah salah satu sayuran yang keberadaannya melimpah di negeri ini. Mentimun merupakan tanaman semusim yang memang banyak dibudidayakan. Harga mentimun relatif selalu murah. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang menjadikannya makanan pendamping seperti lalapan, acar dan pelengkap kuliner sate. Buah mentimun memiliki kandungan air yang berlebih, karenanya bisa menyegarkan tubuh. Tak hanya itu, mentimun juga ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Salah satu khasiat mentimun adalah untuk mengatasi darah tinggi atau hipertensi.

Kandungan Mentimun

Sebelum membedah manfaat mentimun untuk darah tinggi, penting untuk mengurai zat apa saja yang terkandung di dalam sayuran ini. Secara klinis, mentimun mengandung zat-zat saponin (yang berfungsi mengeluarkan lendir), protein, Fe atau zat besi, sulfur, lemak , kalsium, Vitamin A, B1 dan juga C. Jika memakai pendekatan matematis, maka dalam 100 gram mentimun terdapat 0,7 gram protein, 12 kkl kalori, 0,1 gram lemak, 21 miligram fosfor, 0,3 miligram Fe, 0,3 karbohidrat, 8,0 vitamin C, dan 0,3 miligram Vitamin A dan juga vitamin B1. Berbagai zat ini bersifat porgonik yang disinyalir mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.


Ramuan Penurun Hipertensi


Kandungan mineral kompleks dalam mentimun seperti potassium, magnesium juga fosfor menjadikan sayuran yang satu ini berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Jika Anda termasuk penderita hipertensi, Anda baiknya mengkonsumsi mentimun setiap hari secara rutin. Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan setelah dicuci bersih. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda menghaluskan satu buah mentimun dan kemudian peras airnya. Buang ampas dan minum air perasan tadi. Untuk hasil optimal, minumlah air perasan mentimun sebanyak tiga kali dalam sehari. Pagi, siang dan malam hari. Jika anda menginginkan rasa yang juga lezat, resep jus mentimun juga dapat dipakai untuk menurunkan darah tinggi.

Para ahli menjawab alasan mengapa khasiat mentimun untuk darah tinggi sangat baik. Alasannya tak lain adalah sifat uretic pada mentimun yang terdiri dari 90% air mampu mengeluarkan kandungan garam dari dalam tubuh. Mineral yang kaya dalam buah mentimun memang mampu mengikat garam dan dikeluarkan melalui urin.


Selama ini, para penderita hipertensi mengendalikan dan mengobati tekanan darah tinggi mereka dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia dan juga diharuskan menghindari makanan tertentu. Hal tersebut tentunya tak mengenakkan. Namun dengan mengkonsumsi mentimun, khasiat dan rasa yang nikmat bisa didapatkan sekaligus. Jauh lebih baik lagi jika penderita hipertensi juga mengkonsusmsi makanan penurun darah tinggi lainnya seperti timun jepang atau kiuri, bawang putih, seledri, tomat, kucai, belimbing dan masih banyak lagi lainnya. Kuncinya adalah telaten dan bersabar. Sebab, pengobatan alami memang memakan waktu yang relatif lebih lama ketimbang pengobatan kimiawi. Khasiat mentimun untuk darah tinggi mulai terasa dalam tiga minggu, dengan ketentuan Anda mengkonsumsinya secara teratur dan dengan porsi yang pas. Selamat mencoba!

Previous
« Prev Post