Follow by Email

Beragam Manfaat Timun Suri

Manfaat Timun Suri
Timun suri atau timun betik (berteh) digolongkan ke dalam anggota suku Cucubitceae atau labu-labuan. Meski menyandang nama “timun”, tetapi timun suri berbeda dengan buah mentimun meski bentuk buahnya juga memanjang layaknya timun sayur. Timun suri secara sitologi juga morfologi sangat berbeda dengan timun sayur. Hal ini terlihat jelas dari bentuk daunnya, ukuran biji, dan juga rasa. Buah yang mendekati timun suri adalah melon dan blewah. Timun suri cukup populer terutama di bulan Ramadhan. Buah yang satu ini memang menyegarkan dan sering dijadikan bahan baku es campur. Tapi tahukah Anda, selain rasanya yang nikmat, manfaat timun suri untuk kesehatan ternyata cukup beragam? Berikut ini beberapa manfaat timun suri yang bisa kita dapatkan :

  • Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Timun suri terdiri dari 90% air. Selain itu timun suri banyak mengandung vitamin juga mineral yang mampu mengikat racun. Dengan rutin mengkonsumsi buah timun suri, Anda akan merasakan efek ureticnya yakni pembuangan racun melalui urin. Dengan demikian, tubuh Anda akan dinetralkan atau dengan kata lain didetoksifikasi dari racun yang bisa merusak tubuh.
  • Sumber Energi Yang Mudah Diserap Tubuh
Manfaat timun suri lainnya adalah sebagai sumber energi yang nikmat dan tentu mudah dicerna oleh tubuh. Secara klinis, buah timun suri mengandung glukosa dan juga fluktosa. Kedua zat ini dikenal baik untuk tubuh dan merupakan sumber energi yang ramah dan mudah diolah. Karenanya, tidak heran jika banyak orang yang lebih nyaman berbuka puasa dengan timun suri sebab cepat memulihkan energi setelah seharian tidak mendapat asupan gizi.
  • Vitamin A Yang Melimpah
Manfaat timun suri selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin A. Timun suri diketahui banyak mengandung vitamin yang sangat baik dalam memelihara mata ini. Vitamin A menjaga kesehatan lapisan mata dan bahkan bisa mencegah katarak. Tak hanya itu, ternyata vitamin A juga bisa menguatkan sistem imunitas tubuh, melindungi tubuh dari serangan bakteri juga virus, membantu pembentukan gigi pun tulang, melawan radikal bebas, menyehatkan kulit, mencegah kangker, menghalau alzaimer dan masih banyak lagi lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi timun suri, Anda secara tidak langsung telah membentengi diri Anda dari berbagai penyakit.

  • Melawan Kangker Lebih Kuat
Seperti sedikit disinggung sebelumnya bahwa salah satu manfaat timun suri adalah melawan kangker sebab kaya akan vitamin A. Khasiat melawan kangker ini ternyata juga diperkuat oleh kandungan timun suri lainnya yakni senyawa saponin. Senyawa saponin diketahui sangat ampuh menghambat pertumbuhan kangker dan juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
Mencermati berbagai manfaat timun suri ini, tentu Anda harus merubah pola konsumsi Anda. Jangan hanya mengkonsumsi timun suri di bulan Ramadhan saja. Sebab tubuh Anda tentu harus sehat dan segar sepanjang tahun. Karenanya, konsumsilah timun suri secara rutin dan dengan porsi yang ideal. Khasiatnya yang nyata akan segera Anda dapatkan.

Previous
« Prev Post