Follow by Email

Manfaat Mentimun untuk Menghilangkan Jerawat

Jus mentimun adalah obat alami yang lazim digunakan khususnya pada negara Asia untuk membantu menenangkan dan mendinginkan kulit. Jus mentimun juga efektif untuk pengobatan jerawat. Jus ini bermanfaat ketika dicerna, karena sejumlah besar nutrisi yang ditemukan dalam mentimun termasuk vitamin A dan kalium. Jus mentimun juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat apabila dioleskan langsung ke permukaan kulit.

Sedikit Fakta tentang Jerawat

Jerawat merupakan benjolan kecil yang terkadang yang berisi nanah. Terkadang jerawat sangat mengganggu karena menimbulkan rasa perih di wajah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hormon memiliki peran utama dalam perkembangan jerawat. Akibatnya, jerawat sangat umum pada remaja. Jerawat juga bisa menyerang orang dewasa, terutama wanita hamil, wanita pada siklus menstruasi mereka, dan perempuan memulai atau menghentikan pil KB. Jerawat memang tidak termasuk kondisi medis yang serius, namun dapat menyebabkan ketidakamanan emosional serta menimbulkan bekas parut pada jaringan kulit - terutama bagi mereka dengan jerawat parah. Jerawat dapat diobati dengan perawatan kulit yang tepat, dan menggunakan  pembersih wajah dan obat jerawat, antibiotik, kontrasepsi oral, atau prosedur laser.


Manfaat Mentimun untuk Menghilangkan Jerawat

Seperti yang dinyatakan dalam buku "Reclaim Your Life" yang ditulis oleh Carolyn Levett diketahui bahwa mentimun - ketika dijus atau diparut - dapat berfungsi sebagai toner fungsional untuk kulit Anda. Jus mentimun dapat membantu membersihkan jerawat yang tidak diinginkan dan mencegah pembentukan jerawat baru. Penulis Roshni Dayal menjelaskan dalam bukunya "Rahasia Kecantikan Alami dari India" bahwa jus mentimun mengandung zat Astringents yang dapat membantu mencegah munculnya jerawat serta menghilangkan bekas jerawat. Jus mentimun juga dapat membantu membuka pori-pori Anda, menurut Asha Pran, penulis buku "Diamond Beauty Guide", dengan membuka pori-pori Anda, jus mentimun mampu menghapus kotoran, make-up, minyak dan bakteri yang bisa bertumbuk disana sehingga jerawat dapat diminimalisir kemunculannya. Untuk hasil maksimal, penderita jerawat harus mengoleskan jus mentimun ke wajah mereka setiap hari.

Manfaat Mentimun untuk Memperbaiki Tekstur Kulit
Jus mentimun tidak hanya dapat mengobati dan mencegah jerawat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan warna dan tekstur kulit Anda. Menurut "Diamond Beauty Guide", jus mentimun diketahui memiliki efek yang mempengaruhi kulit agar tetap tenang dan dingin. Mentimun juga memiliki manfaat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Peradangan dan kemerahan sering dikaitkan dengan jerawat. Asha Pran juga menunjukkan bahwa jus mentimun dapat membantu melembutkan kulit

Jus mentimun termasuk makanan yang sangat mudah untuk dicerna. Selain itu apabila dioleskan pada kulit juga dapat membantu mengobati dan mencegah jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menerapkan kedua hal tersebut (minum jus mentimun sekaligus mengoleskan pada wajah) setiap hari secara rutin. Satu hal yang mungkin harus Anda ketahui, meskipun sangat jarang terjadi mentimun terkadang memiliki efek samping berupa alergi. Anda bisa membaca di link ini mengenai alergi mentimun.

Previous
« Prev Post