Follow by Email

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Manis

By On December 06, 2019

Jamu kunyit asam


Assalamu'alaikum. Hi, gaes...apa kabar? Pernahkah anda meminum jamu kunyit asam? Itu lho... Jamu Kunyit yang biasa dijual oleh mbak jamu gendong atau mbok jamu gendong. Dan sekarang banyak mbak jamu yang menjual jamunya memakai sepeda ontel alias sepeda goes. Nah... Artikel yang aku posting kali ini adalah cara membuat jamu kunyit asam manis. Selamat membaca artikel ini sampai selesai ya gaes.
Kunyit adalah bahan dasar untuk membuat jamu kunyit asam manis ini. Jamu kunyit asam ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Yang belum pernah meminum jamu kunyit ini silahkan mencoba membuat sendiri dirumah ya gaes. Gampang kok cara bikin jamu kunyit ini. Rasanya segar dan apabila Anda suka pasti anda bakalan ketagihan untuk membuat jamu ini lagi. Percaya dech.... Apalagi ditambah jeruk nipis. Uch.... Segar sekali!!!

Oke. Langsung saja ya gaes. Bagaimana cara membuat jamu kunyit asam manis ini? Lihatlah dibawah ini!

Bahan untuk membuat jamu kunyit asam manis adalah sebagai berikut:
  • Kunyit 4 sampai 6 biji kupas, cuci bersih dan parut
  • Asam Jawa setengah atau satu sendok makan makan  bijinya
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Garam sejumput
  • Gula kelapa atau gula merah sisir 1 sendok sampai 2 sendok makan
  • Air mendidih 2 atau 3 gelas sesuai kebutuhan


Cara membuat jamu kunyit asam manis adalah sebagai berikut ini:

  • Ambil panci yang ada air mendidih tadi
  • Masukkan parutan kunyit, aduk-aduk dan biarkan beberapa menit saja, jangan lama-lama nanti warnanya kurang bagus alias hitam.
  • Kemudian saring kunyit tersebut 
  • Tuang kedalam gelas
  • Tambahkan gula merah
  • Tambahkan garam
  • Tambahkan asem Jawa secukupnya
  • Tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya
  • Aduk aduk sampai gula larut
  • Biarkan hangat dan minum selagi hangat
  • Atau masukan kedalam kulkas jika Anda suka minum dingin. Dan minum  selagi dingin dari kulkas seperti diberi potongan batu es, jamu ini sangat menyegarkan diminum dingin-dingin disaat panas terik matahari menyinari bumi.
  • Cobain sendiri dirumah ya gaes... 


Begitulah cara membuat jamu kunyit asam manis seperti yang dijual oleh mbak jamu gendong yang banyak berjualan di pasar di pagi hari. Dan banyak juga dijual oleh mbak jamu yang naik sepeda ontel itu lho gaes. Rasanya.... Rasakan sendiri ya gaes. Nikmatnya. ... Nikmatin sendiri juga gaes. Kalau aku sih.... Oke banget!? Aku suka minum jamu kunyit asam ini dan aku sering bikin jamu kunyit ini. Kadang kadang apabila aku kagi haid sebagai perempuan tentu pernah merasa sakit perut disaat menstruasi tiba. Jamu kunyit asam manis seperti inilah obat untuk meredakan rasa nyeri haid tersebut. Jamu kunyit ini pun akan melancarkan haidku dan menghilangkan rasa sakit. Jadi.... Alhamdulillah badan jadi segar dan fit kembali.


Pingin minum jamu kunyit asam manis yang seger dan enak bikinan tangan sendiri? Ikuti  resep membuat jamu kunyit asam yang telah aku posting ini. Jika kalian ingin meminum jamu kunyit ini setiap hari, kalian dapat membuatnya kapan saja. Belum pernah meminum jamu kunyit asam? Cobain bikin jamu kunyit asam sendiri saja yuk!

Sekian dulu postingan artikel cara membuat jamu kunyit asam kali ini. Bila Anda suka dengan artikel ini klik Subscribe diatas artikel ini dan berilah komentar Anda dibawah postingan artikel ini. Terima kasih sudah mampir disini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Akhir kata Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu. Bye bye....

Resep membuat kue lapis pelangi

By On December 01, 2019

Kue Lapis Pelangi

Baca:
Resep membuat puding sedot


Assalamu'alaikum sahabat. Artikel yang ini berjudul Resep membuat kue lapis pelangi. Dan bahan kue lapis pelangi ini adalah dari tepung beras. Penasaran bagaimana cara membuat kue basah yang berbahan dasar beras ini??? Yuk, ikuti terus artikel ini sampai selesai ya.... Let's go!!!

Makanan berbahan dasar tepung beras sangat banyak macam dan ragamnya. Tebing beras dapat digunakan untuk membuat bubur sumsum,kue talam, nogosari atau nagasari,putu,kue lapis pelangi, aneka macam rasa peyek atau rempeyek,dan lain sebagainya.


Untuk postingan artikel kali ini aku akan memberikan resep membuat kue lapis pelangi yang bahan dasarnya adalah tepung beras. Dan sebelum membuat kue basah ini yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis ini. Apa saja bahan kue lapis pelangi? Lihatlah dibawah ini!

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis pelangi adalah sebagai berikut:

  • 150 gram Tepung beras
  • 100 gram Tepung tapioka atau tepung kanji
  • 1/2 sdt Garam
  • 150 Gula pasir
  • Vanili 1/2 sdt
  • 1  saset Santan kemasan
  • 1 saset Susu kental manis
  • 1  sdm Agar-agar bubuk
  • 500 ml air 


Cara membuat kue lapis pelangi adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, masak santan dan air dengan api sedang
  2. Setelah mendidih masukan susu aduk dan angkat,sisihkan biarkan dingin dahulu
  3. Ambil baskom ukuran sedang
  4. Tuangkan tepung beras dalam baskom
  5. Masukan tepung kanji aduk rata
  6. Tambahkan agar agar bubuk aduk rata
  7. Tambahkan garam,vanili dan gula pasir aduk rata
  8. Masukan rebusan santan dan susu yang sudah dingin tadi secara perlahan dsn sedikit demi sedikit
  9. Aduk rata dan saring supaya tidak ada yang bergerindil
  10. Kemudian bagi tiga bagian didalam wadah
  11. Berilah kedua baskom dengan masing-masing warna merah dan hijau
  12. Satu wadah biarkan putih
  13. Siapkan dandang untuk mengukus dan biarkan mendidih dahulu
  14. Siapkan cetakan kue persegi panjang 
  15. Tambahkan plastik didasar cetakan supaya kue tidak lengket
  16. Bagian sisi samping cetakan olesi dengan margarin
  17. Letakan cetakan kedalam pengukus atau dandang
  18. Tuangkan adonan putih 2 sendok sayur besar pada cetakan, tutup dandang biarkan selama 3 atau 5 menit atau sampai permukaan kue keras
  19. Setelah kue keras tuangkan kembali adonan merah 2 sendok sayur, tutup kembali dan biarkan 3 atau 5 menit atau hingga keras
  20. Lakukan untuk warna hijau
  21. Dan seterusnya lakukan kegiatan menuang adonan sampai adonan habis
  22. Ingat! Apabila air dalam dandang tinggal sedikit segera tambahkan air supaya dandang tidak hangus
  23. Setelah adonan terakhir dimasukan kukus selama 20 sampai 30 menit atau sampai matang
  24. Setelah 30 menit matikan api dan angkat cetakan dari dandang
  25. Diamkan kue dan dinginkan
  26. Setelah kue dalam cetakan sudah dingin segera ambil kue dari cetakan dengan cara dituang perlahan
  27. Ambil plastik dari kue dan silahkan dipotong menurut ukuran yang Anda inginkan (kalo aku setiap lembar kue selebar 1 cm jadi banyak dech....)
  28. Letakan kue lapis beras pelangi dalam piring
  29. Dan selamat menikmati
  30. So... Jangan lupa untuk mencoba membuat kue lapis pelangi ini dirumah ya...

Bagaimana sahabat? Mudah bukan cara membuat kue lapis pelangi dari tepung beras ini? Membuat adonan gak perlu memakan waktu terlalu lama. Tapiii... Yang lama adalah membuat lapis demi lapis kue lapis pelangi ini. Karena setiap adonan yang dituang harus benar-benar sudah keras. Karena apabila disaat adonan dalam cetakan belum keras nantinya kue lapis tidak bisa diambil lapis demi lapis atau tidak dapat disuir Suir. Tapi walaupun begitu rasanya tetap Mak nyossss.... Hihihi 😁... Sekian dulu ya resep dari aku. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum...

TUMIS KANGKUNG SEDERHANA

By On December 01, 2019

Assalamu'alaikum sahabat. Jumpa lagi di RESEP DAPURE SUSANA dan postingan artikel terbaru kali ini adalah TUMIS KANGKUNG SEDERHANA. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar memasak. Oke. Ikuti terus artikel ini sampai selesai ya sahabat semua!

Tumis kangkung sederhana


Resep tumis kangkung kali ini sangat sederhana dan simpel. Sebelum memasak yuk siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat masakan tumis kangkung ini. Cekidot!!!

Bahan bahan untuk membuat tumis kangkung adalah sebagai berikut:

  • 1 ikat kangkung, potong potong kangkung kemudian cuci bersih dan tiriskan
  • 2 buah sosis iris serong
  • Minyak sayur secukupnya untuk menumis
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Kecap manis 2 sendok makan
  • Penyedap masakan 1/4 sendok teh bila suka
  • Daun salam 2 lembar
  • Laos 1 ruas jari geprek


Bumbu iris untuk masakan tumis kangkung adalah:

  • Cabai rawit merah 3 buah
  • Cabai merah keriting 2 buah
  • Bawang bombai 1/4 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Tomat 1/2 buah


Cara memasak Tumis Kangkung Sederhana ini adalah sebagai berikut:

  • Siapkan wajan letakkan di atas kompor dengan api sedang
  • Tuangkan minyak sayur kedalam wajan
  • Setelah minyak sayur panas masukkan bawang bombai tumis sampai harum
  • Kemudian masukkan bawang putih
  • Kemudian masukkan bawang merah
  • Masukkan cabai
  • Masukkan daun salam dan Laos
  • Tumis sampai layu harum
  • Masukan sosis, aduk rata
  • Masukkan kangkung aduk rata
  • Masukkan garam aduk rata
  • Setelah layu dan matang segera masukan kecap manis aduk rata
  • Bila suka masukan penyedap masakan secukupnya
  • Apabila tidak suka penyedap masakan tambahkan gula pasir sejumput. Aduk rata.
  • Test rasa
  • Apabila kurang rasa asinnya anda dapat menambahkan garam secukupnya menurut selera anda
  • Angkat dan sajikan dalam wadah
Selamat menikmati tumis kangkung bersama dengan nasi hangat dan ditambah lauk ikan disambelin. Mantap!
  • Selamat mencoba!


  1. Itulah resep tumis kangkung kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda. Dan kunjungi juga Resep Resep masakan yang lezat lainnya hanya di RESEP DAPURE SUSANA gratis lho....

Atau kunjungi juga artikel menarik lainnya seperti cara membuat kalung mutiara
Atau mungkin anda suka indahnya pantai pok tunggal Jogja
Terima kasih atas kunjungan Anda. Apabila suka dengan artikel ini silahkan tulis  komentar anda di bawah...  Wassalamu'alaikum.

Cara membuat es blewah simpel tapi enak dan segar

By On December 01, 2019

Es blewah

Assalamu'alaikum... Hai semua... Malam ini aku akan membagikan postingan artikel terbaru. Karena suasana Ramadhan, jadi aku akan membagikan resep minuman es blewah simpel tapi enak dan segar untuk sajian buka puasa bersama keluarga dirumah. 

Buah blewah sangat banyak kandungan zat gizi yang terdapat didalam daging buahnya. Selain banyak mengandung vitamin dan mineral, blewah juga kaya akan serat didalam daging buahnya. Sangat baik dan cocok untuk Anda yang sedang menjalankan puasa ramadhan. Dan waktu berbuka puasa es blewah simpel tapi menyegarkan ini adalah sangat baik untuk mengembalikan stamina dalam tubuh Anda. Apabila Anda meminumnya diwaktu berbuka puasa, anda akan merasakan nikmatnya es blewah ini. Mengkonsumsi Es blewah sangat bagus bagi tubuh Anda. Maka dari itu jangan lupa untuk mencoba membuat es blewah seperti yang akan aku posting diartikel kali ini.

Untuk membuat es blewah, anda harus menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat minuman es blewah simpel ini. Apa saja bahannya? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini!

Bahan bahan untuk membuat es blewah adalah sebagai berikut:
  • Buah blewah 1 kg
  • Sirup merk apa saja setengah gelas
  • Susu kental manis putih 2 saset kecil
  • Buah kelapa muda dan airnya 1 buah


Cara membuat es blewah adalah sebagai berikut:
  • Buah blewah dibelah 2 buang bijinya kemudian kerok pakai alat pengering,taruh dalam wadah atau baskom
  • Tambahkan Buah kelapa muda dan airnya masukkan dalam wadah
  • Tambahkan susu kental manis
  • Tambahkan sirup merk apa saja menurut selera anda
  • Aduk rata
  • Sajikan dalam gelas atau mangkok
  • Selamat menikmati berbuka puasa dengan segarnya es blewah simpel tapi enak melegakan tenggorokan Anda.
  • Selamat mencoba dirumah ya...


Sekian postingan artikel tentang resep membuat es blewah simpel tapi menyegarkan ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Silahkan berkomentar apabila Anda suka dengan artikel ini. Oya, jika Anda suka dengan artikel ini silahkan ikuti blog Resep Dapure Susana dengan cara klik tombol Subscribe diatas artikel ini. Dengan demikian maka anda akan mendapatkan notifikasi postingan artikel terbaru selanjutnya  terima kasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu.



#resepesblewah
#resepesbuah
#esblewah
#buahblewah
#carabuatesblewah
#caramembuatmenubukapuasa
#essederhana
#esblewahsimpel

10 Unexpected Efficacy of Celery Leaves that you Should Know

By On November 29, 2019

Celery leaves have become friends especially for mothers who cook often.  Namely as one of the vegetable enhancer aroma cooking or more in particular often used as a flavoring vegetable sop. The vitamin content of this leaf can last up to 80% after cooking. But behind it turns celery or in its Latin  "Apium Graveolens " has many benefits that some people may not know.

Celery leaves contain many vitamins: Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E and vitamins. With so much vitamin content from celery leaves, it is no wonder that celery leaves are also used as medicinal plants. Celery leaves can be used to prevent or to treat some diseases by consuming it in vegetable form.


Here are the benefits of celery leaves for health and diseases that can be prevented by consuming these celery leaves:

1. Lowering high Blood

With a high flavonoids substance and nutrients, the benefits of celery leaves are believed to lower rising blood pressure. Therefore, for those of you who have high blood pressure, we recommend consuming celery leaves to stabilize blood pressure and prevent it from rising again.

How to use it is also easy: take 20 stalks of celery leaves and wash clean, then puree the celery with a little bit of water and refine the celery. Drink the water 3 times a day, 2 tbsp each.

2. Lowering cholesterol

Celery leaves that are rich in nutrients are able to break down cholesterol. So that the cholesterol will not clog the blood flow and can prevent the buildup of cholesterol in many quantities.

3. Treating Rheumatism

The benefits of celery leaves with anti-inflammatory content, anti-bacteria, vitamins and minerals are complete, able to relieve pain for people with rheumatism. In addition, the content is able to reduce the purine substance in the joints that trigger levels of uric acid in the body increases.

4. Overcoming Anemia

The high content of its iron, making celery leaves can prevent and cure anemia. The benefits of the celery leaves are especially true for women in menstrual periods and women who are pregnant.

5. Improve kidney function

The rich nutrient content on celery leaves is able to improve kidney performance. In addition, it can help the kidneys to be easier in controlling, filtering, and removing toxins caused by unhealthy food and harmful free radicals.

6. Preventing cancer

The benefits of the next celery leaf can overcome cancer. The content of phycochemical coumarin compounds and phenolic acids in celery leaves, it is claimed to be able to abnormally, block, and destroy the activity of abnormal cells that trigger the emergence of cancerous cells.

7. Overcoming Dry Eyes

In addition to overcoming dry eyes, the nutritional content and vitamin A in celery leaves can also nourish the retinal tissue and the cornea of the eye. Where it is able to maintain the sharpness of your eye eyesight and prevent from free radical attacks.

8. Overcoming Asthma

In addition to preventing asthma, the benefits of celery leaves are also able to cure asthma. High nutrient content in celery leaves so that asthma is not easy to relapse while in dusty and polluting environments. The way to process it very practical, namely: take 3 stalk celery leaves and 9 leaves, then wash clean and puree. Add palm sugar, salt to taste, and 1/2 cups of water, stir all the ingredients until well blended, then filter and drink before breakfast.

9. Overcoming Obesity

All nutrients in celery leaves are claimed to be able to suppress hunger. With it is able to control excessive appetite so it is helpful someone who is doing a diet program to lose weight.

10. For beauty

On beauty issues, don't worry. Because of the benefits of celery leaves in addition to overcoming various kinds of health problems are also very good for beauty. For example, as a strong anti-aging, reduce excess oil on the face, nourish the hair, etc. The way of treatment is also easy, for those of you who do not like to consume directly then it can mix with your cuisine.

Cara Membuat Sambal Pecel Ala Jawa Timuran

By On November 10, 2019

Assalamu'alaikum sahabat. Pernahkah Anda menyantap makanan yang bernama pecel? Ya... Makanan khas daerah Jawa timur ini sangat terkenal dan bumming. Belum bisa membuat sambal pecel ala Madiun Jawa timur? Cek resep cara membuat sambal pecel dibawah ini!


Di zaman sekarang sudah banyak beredar salah satu makanan khas Indonesia yang asalnya dari Jawa timur ini di seluruh pelosok tanah air Indonesia ini. Yaitu pecel. Sambal pecel atau sambel pecel banyak dijumpai di Jawa timur. Makanan ini adalah santapan setiap hari tiap pagi hari dan siang hari. Kalau dikampung saya nasi pecel adalah khas makanan untuk sarapan pagi di pagi hari.

Di Jakarta sudah banyak yang berjualan pecel. Ada yang ngider alias keliling,ada juga yang mangkal dipasar tradisional. Ada juga yang berjualan mangkal di perempatan dan juga warung warung tradisional. Bahkan aku pernah mampir di salah satu lestoran yang ada di Jakarta yang salah satunya adalah menyediakan menu lontong pecel dan nasi pecel tetapi terkadang ada yang kurang memuaskan dengan rasanya dan tingkat rasa pedasnya.

Nah.... Untuk itulah di artikel kali ini aku akan sajikan resep cara membuat sambel pecel atau resep membuat sambal pecel yang mantap rasanya. Ikuti artikel ini sampai selesai ya gaes!

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal pecel ala Jawa timur adalah sebagai berikut:

Bahan:
  • Kacang tanah 250 gram
  • Minyak sayur secukupnya
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Gula merah 250 gram
  • Garam 2 sendok teh
  • Air hangat secukupnya


Bumbu:
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah keriting 10 buah
  • Cabai rawit merah 5 buah
  • Kencur 1 ruas jari

Bahan untuk taburan: 
  • Petai cina
  • Bawang goreng


Cara membuat sambal pecel adalah sebagai berikut:
  1. Pertama panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang
  2. Setelah minyak panas masukkan kacang tanah goreng sampai matang tiriskan
  3. Apabila anda punya alat penggiling daging, pakai alat penggiling daging tersebut untuk menggiling semua bahan dan bumbu
  4. Campur dahulu kacang dan bumbu lainnya sampai merata
  5. Kemudian giling semua bahan dan bumbu tersebut memakai penggiling daging
  6. Apabila Anda dirumah mempunyai alat untuk menumbuk, gunakan alat penumbuh tersebut untuk menghancurkan kacang dan kemudian hancurkan bumbu lainnya secara terpisah dengan kacang. Lalu setelah selesai menumbuk semuanya, campur semua bahan dan bumbu jadi satu dan tumbuk kembali hingga rata. Dengan demikian kedua cara ini adalah lebih baik. Karena apabila anda ingin menyajikan sambal pecel ini anda dapat mengambilnya dua atau tiga sendok kemudian tambah air 1/4 gelas atau secukupnya aduk rata dan anda sudah dapat menikmatinya.
  7. Apabila kedua duanya alat diatas anda tidak ada,gunakan blender untuk menghancurkan kacang dan bahan serta bumbu lainnya dengan langsung menambahkan air hangat dan kemudian diblender. Apabila anda tidak membutuhkan sambal yang cukup banyak maka anda dapat memblender kacang dan bahan lainnya setengah atau seperempatnya saja, dan sisanya dapat anda simpan .
  8. Sajikan dalam mangkok dan sambal pecel ala jawa timuran sudah siap disantap bersama keluarga dirumah.
  9. Anda dapat menyajikan sambal pecel ala Jawa timur ini dengan nasi atau lontong dan ditambah beberapa sayuran seperti bayam, kacang panjang,tauge dan wortel yang sudah direbus. Kalau ingin lebih nikmat sayuran tersebut dapat dicampur dahulu dengan sambal kelapa muda
  10. Siram sambal pecel yang sudah diseduh dengan air hangat dan siramkan sambel pecel tersebut diatas sayuran.
  11. Tambahkan dengan taburan bawang goreng dan petai cina kalau ada
  12. Tambahkan peyek kacang sebagai sensasi
  13. Selamat menikmati hidangan sambal pecel ala Jawa timur, dan
  14. Selamat mencoba!



Sekian resep cara bikin sambel pecel ala Jawa timur Indonesia untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua. Apabila anda suka dengan artikel ini silahkan tinggalkan komentar anda dibawah! Terima kasih atas kunjungan Anda dan wassalam.

Resep Membuat Keripik Pisang Gurih dan Manis

By On November 10, 2019

Assalamu'alaikum sahabat. Artikel yang ini berjudul Resep membuat kripik pisang gurih dan manis. Dan bahan dasar yang digunakan adalah buah pisang raja yang tua tetapi belum masak atau belum matang. Bagaimana cara bikin keripik pisang raja ini? Yuk, ikuti terus artikel ini sampai selesai ya gaes... Let's go!!!


Terkadang ada lho orang yang tidak doyan makan buah pisang alias geli katanya. Padahal buah pisang banyak sekali lho zat gizi yang terkandung di dalamnya. Apalagi kalau buah pisang itu adalah pisang raja. Vitamin yang terdapat pada buah pisang tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita gaes.

Lihat zat gizi yang terkandung dalam buah pisang raja berikut ini:
Mengandung vitamin C
Mengandung serat
Mengandung antioksidan
Mengandung potasium
Mengandung magnesium
Dan lainnya

Tapi bagi kalian yang tidak suka makan buah pisang alias geli, sekarang jangan khawatir ya gaes.... Karena ada solusinya.. yaitu konsumsi saja keripik pisang raja yang rasanya manis dan gurih. Dengan demikian maka kalian dapat mengkonsumsi pisang raja yang sudah diolah menjadi camilan ringan seperti keripik pisang raja manis dan gurih gaes.

Dan bagi kalian yang suka makan Keripik Pisang, kamu bisa membuat kripik pisang raja ini sendiri di rumah gaes. Belum tahu bagaimana cara membuat keripik pisang gurih ini??? Don't worry.... Alias jangan khawatir gaes.... Aku akan bagikan resep cara membuat kripik pisang raja ini kepada teman teman semua.

Apa saja yang harus disiapkan untuk membuat keripik pisang raja ini? Siapkan hal hal sebagai berikut!

Bahan:
Pisang raja tua mentah 1 sisir
Minyak sayur 1 liter



Bumbu:
Garam secukupnya
Vanili bubuk 1 saset
Gula pasir 5 sendok makan

Cara membuat kripik pisang raja adalah sebagai berikut:
Pertama,kupas kulit pisang raja dan rendam dalam air pada wadah yang lebar
Cuci pisang raja sampai bersih lalu tiriskan
Kemudian iris tipis pisang rasa dengan pisau yang tajam atau dapat menggunakan alat parutan pisang atau keripik, sisihkan
Masukkan gula, vanili bubuk dan garam dalam panci kecil lalu beri air satu gelas dan rebus sampai mendidih dan gula larut, sisihkan
Ambil wajan ukuran besar letakan di atas kompor dengan api sedang
Tuangkan minyak sayur dan tunggu sampai minyak benar benar sudah panas
Ambil beberapa lembar pisang iris celupkan ke dalam air gula lalu goreng dalam minyak panas
Biarkan pisang beberapa saat kemudian balik balik pisang sampai warna pisang menguning keemasan
Apabila sudah keras dan tidak lembek lagi serta warna sudah berubah keemasan itu tandanya keripik pisang raja sudah matang
Angkat keripik pisang dengan menggunakan serokan dan tiriskan
Lakukan kegiatan seperti diatas sampai bahan keripik habis
Simpan keripik pisang raja manis dan gurih ini didalam wadah yang kedap udara.
Selamat mencoba!

Demikian cara mudah membuat keripik pisang raja yang rasanya manis dan gurih ini siap untuk menemani bersantai anda bersama keluarga dirumah. Semoga artikel ini dapat memberikan sebuah manfaat bagi pembaca. Terima kasih atas kunjungan Anda dan silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Wassalam.